Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Lubuk Kilangan Canangkan Imunisasi Campak dan Rubella



Padang, fajarsumbar.com - Pemerintah Kecamatan Lubuk Kilangan bersama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Luki mencanangkan kampanye imunisasi campak dan Measles Rubella (MR) dengan sasaran 13.467 orang. Imunisasi yang bakal dilaksanakan sampai akhir September tersebut ditargetkan tercapai 95 persen.

Pencanangan imunisasi campak dan rubella yang merupakan penyakit menular dan sangat berbahaya tersebut bakal dilaksanakan awal Agustus - September. Pada Agustus bakal dilaksanakan di sekolah-sekolah, sedangkan September menyasar seluruh posyandu yang tersebar di Kecamatan Lubuk Kilangan.

Pencanangan imunisasi usia 9 bulan sampai 15 tahun tersebut dilaksanakan di Kantor Camat Luki, Kamis (2/8). Hadir pada kesempatan tersebut camat, unsur forum pimpinan kecamatan (Forpimka) seperti Polsek, Koramil. Selain itu juga dihadiri kepala KUA, kepala TK, SD, SLTP, lurah kader PKK, bundo kanduang, foruum nagari, kader kesehatan dan CSR Semen Padang serta lainnya.

Kepala Puskesmas Luki, Linda Hasmi pada kesempatan itu menyebutkan agar warga, khususnya di Lubuk Kilangan supaya tterlindungi dan terhindar dari penyakit campak dan rubella, harus dilakukan imunasi untuk anak pada usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun. Pencanangan itu sebagai tindak lanjut program nasional dan provinsi serta pemko Padang dalam rangka Indonesia mencapai eliminasi penyakit campak dan rubella 2020

Linda mengimbau, setelah pencanangan ini diharapkan seluruh warga masyarakat yang memiliki anak-anak mulai usia 9 bulan sampai 15 tahun agar melaksanakan imunisasi campak dan rubella.

Imuniasi tersebut, tambahnya, salah satu cara pemko Padang untuk menciptakan generasi generasi yang sehat, generasi mileneal. Karena kalau ini tidak dilaksanakan, akan berdampak kepada yang lain dan juga berdampak jangka panjang. Penyakit tersebut bisa menular dapat menyebabkan cacat dan kematian.

Sebagaimana diketahui, penyakit campak dan rubella itu penyakit infeksi yang ditularkan melalui saluran nafas yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini bisa tertular bagi anak dan orang dewasa yang belum mendapatkan imunisasi campak dan rubella.

Penyakit campak ini dapat menyebabkan komplikasi radang paru, radang otak, kebutan, gizi buruk dan bisa menyebabkan kematian. Sedangkan penyakit rubella dapat menyebabkan, bila tertular ke ibu hamil akan menyebabkan keguguran dan kecacatan bayi baru lahir. "Selama dua bulan pencanangan imunisasi ini,  ada 13.467 sasaran di Luki. Sampai akhir kegiatan ini ditargetkan tercapai sampai 95 persen lebih," tambahnya. (andri)







Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *