Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Nasrul Abit Lantik Mabicab Pramuka Kabupaten Agam


Agam, fajarsumbar.com - Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) 03 Gerakan Pramuka Sumbar Nasrul Abit, melantik Ketua beserta Pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Agam Masa Bakti 2018-2023 di Lapangan Kantor Bupati Agam, Senin (27/8/2018).

Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar itu mengatakan, pelantikan yang baru saja dilakukan adalah awal dari perjalanan panjang organisasi. Kedepan, Ia berharap, Pengurus Mabicab yang baru dapat membesarkan dan menggerakkan roda organisasi ke arah yang lebih baik.

"Mudah-mudahan pengurus yang baru dilantik mampu mengangkat dan menjalankan organisasi dengan baik, sehingga eksistensi pramuka semakin terasa manfaatnya di masyarakat," kata Nasrul Abit.

Wagub lebih lanjut menjelaskan, sebagai institusi pendidikan nonformal, Pramuka merupakan wadah pembentukan karakter generasi penerus yang keberlangsungannya harus ditopang bersama-sama. Baik oleh Pemerintah Daerah, maupun masyarakat.

Memperhatikan tugas dan tujuan Pramuka, bagi Nasrul, tak bisa disebut ringan. Urusan-urusan kepramukaan dengan demikian tak bisa diserahkan dan ditopang oleh Kwarcab saja. Perlu keterlibatan aktif seluruh pihak, baik pemerintah daerah maupun masyarakat.

Dukungan masyarakat, tidak kalah penting dengan peran pemerintah. Karena bagaimanapun, pendidikan karakter dimulai dari lingkungan masyarakat, sedang Pramuka adalah tahap lanjutannya.

"Untuk Pemerintah Daerah misalnya, Kwartir Cabang perlu diberikan perhatian baik dari sarana maupun pendanaannya agar kegiatan terus berjalan hingga Ranting. Namun masyarakat perlu juga memberikan dukungan," ujarnya.

Menutup sambutannya, Nasrul Abit  berharap agar Pramuka dapat ikut membantu pemerintah dalam memerangi ragam perilaku menyimpang seperti Lesbian-Gay-Bisexual-Transgender (LGBT) dan penyalahgunaan narkoba yang banyak menyasar generasi muda.

Ia percaya, generasi pramuka yang telah mendapatkan pendidikan karakter yang baik dalam berbagai tingkatannya, mampu menjadi teladan, memberi dan menyebarkan pengaruh baik bagi lingkungannya. Selain itu dapat meningkatkan literasi dan pemahaman masyarakat serta sejawat mengenai dampak buruk LGBT dan penyalahgunaan narkoba.

"Adik-adik, ikutlah membantu memberantas dan mencegah hal merusak yang kini marak, ada LGBT, narkoba. Insyaallah dengan pendidikan karakter bidang pramuka adik-adik akan bisa," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Agam Indra Catri usai pelantikannya sebagai Ketua Mabicab menyebutkan, Ia sepenuhnya menyadari arti penting Pramuka bagi pembentukan karakter generasi muda Indonesia. Atas dasar itu, Pemda Kabupaten Agam telah dan akan terus berupaya memfasilitasi ragam kegiatannya.

"Kami telah menganggarkan rutin dengan nilai yang memadai. Kami juga memberi bantuan kendaraan operasional, dan pelatihan kecakapan kepramukaan," ucapnya.

Lebih lanjut, untuk mendorong tumbuhkembang Pramuka di Kabupaten Agam, Indra Catri menginstruksikan pada sekolah dan madrasah untuk menyelenggarakan kegiatan kepramukaan secara berkesinambungan dan terus-menerus. Ia juga meminta pimpinan OPD di lingkup Pemkab Agam untuk memberdayakan unit Satuan Pramuka yang dalam organisasinya jika ada.

"Kepada sekolah dan madrasah agar melaksanakan kegiatan kepramukaan secara kontinu dan jadikan kegiatan wajib ekskul. Kepada OPD yang memiliki saka, kami imbau untuk memberdayakannya dengan lebih maksimal," katanya.

Sesuai Surat Keputusan Ketua Kwarda Sumbar Nomor 13 Tahun 2018, susunan Pengurus Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Agam Masa Bakti 2018-2023 yakni Ir. Indra Catri, M.SP (Ketua), Trinda Satria Farhan, ST, MT (Ketua Harian), Marga Indra Putra, S.Pd (Wakil Ketua), Letkol. Kav. Salim Kurniawan Dewantara, SH, SE (Wakil Ketua), AKBP. Ferry Suwandi, S.IK (Wakil Ketua), AKBP. Arly Jembar Jumhana, S.IK, MH (Wakil Ketua), Yunilson, S.Sos (Sekretaris), Drs. Fauzir (Anggota), Hamdi, ST, M.Eng (Anggota), dan Hendri G, SE, MM (Anggota). (melati)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *