Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Peluang Timnas Indonesia Terbuka Lebar Lolos pada Penyisihan Grup A Sepakbola Asian Games

Tiga pemain Timnas Asian Games meluapkan kegembiraannya seusai mencetak gol.(kompasiana.com)

Jakarta, fajarsumbar.com - Tiga tim masih memiliki peluang lolos dari babak penyisihan Grup A sepak bola putra Asian Games XVIII/2018 yang berlaga di arena Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi, Jawa Barat.

Dua tim yang telah tertutup jalannya untuk melaju ke babak lanjutan sepak bola Asian Games hingga Kamis ini adalah China Taipei dan Laos.

Pada tiga pertandingan yang telah dilakoni selama penyisihan Grup A, China Taipei hanya berhasil mendulang satu poin, hasil permainan imbang melawan Palestina dengan skor akhir 0-0 pada Jumat (10/8).

Dua pertandingan lain berakhir kekalahan, yakni saat melawan Indonesia pada Minggu (12/8) dengan perolehan skor 0-4 dan Hong Kong, Rabu (15/8) dengan skor yang sama 0-4.

Satu sisa pertandingan yang belum dijalani China Taipei ialah kontra Laos yang dijadwalkan digelar di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (20/8).

Kalaupun laga tersebut berhasil dimenangi, raihan akhir poin yang bisa dikumpulkan Taipei hanya 4 atau lebih rendah dari raihan poin sementara yang telah didulang Palestina dan Hong Kong.

Nasib sama juga dialami Laos yang belum mendulang satu pun poin karena menderita dua kekalahan dari Hong Kong dan Palestina, masing-masing dengan skor 1-3 dan 1-2 pada pertemuan Jumat (10/8) dan Minggu (12/8).

Kalaupun Laos berhasil memenangi dua laga sisa melawan Indonesia dan China Taipei, raihan poin maksimal yang terkumpul hanya 6.

Palestina yang menyisakan satu pertandingan kontra Hong Kong telah mengoleksi 7 poin hasil dua kali menang melawan Indonesia dan Laos serta imbang saat ditantang China Taipei.

Sementara Hong Kong yang kini menduduki peringkat kedua klasemen sementara telah mengoleksi 6 poin hasil sapu bersih kemenangan dari dua laga kontra Laos dan China Taipei yang masing-masing berakhir dengan skor 3-1 dan 4-0.

Jika Hong Kong berhasil menyudahi dua pertandingan tersisa dengan kemenangan, Hong Kong akan tampil sebagai juara Grup A dengan raihan total 12 poin.

Pelatih Hong Kong Kwok Kenneth mengatakan para pemainnya saat ini tengah memiliki kepercayaan diri yang kuat jelang mengadapi lawan Palestina.

"Kemenangan ini penting untuk menambah rasa percaya diri pemain saat berhadapan Palestina nanti. Kami punya pertahanan dan strategi menyerang yang baik," katanya.

Kwok mengaku tengah mewaspadai Indonesia sebagai tim yang kuat di Grup A, sehingga perlu strategi yang optimal untuk hadapinya di laga terakhir penyisihan Grup A pada Senin (20/8) di Stadion Patriot Chandrabaga.

Untuk menghadapi Indonesia, kata Kwok, Hong Kong harus memiliki modal kemenangan yang maksimal, termasuk mengalahkan Palestina, Jumat (17/8).

Manajer timnas Palestina Islam Masharqa mengungkap kondisi stamina 20 pemainnya tengah dalam taraf maksimal untuk mengalahkan Hong Kong.

"Seluruh pemain 100 persen siap menghadapi Hong Kong. Mereka seperti 20 ekor singa yang siap menerjang lawan dalam kondisi dan situasi apapun," katanya.

Palestina justru lebih khawatir pada lawan Vietnam yang kini tergabung di Grup D.

Namun tuan rumah Indonesia yang juga berambisi lolos dari penyisihan Grup A tentu tak akan memberikan perlawanan mudah.

Indonesia sendiri wajib memenangi dua laga tersisa melawan Hong Kong dan Laos jika ingin memelihara peluang lolos penyisihan Grup A.

Jika berhasil menambah enam poin di dua laga nanti, raihan poin Indonesia menjadi 9.

Pelatih tim nasional U-23 Indonesia Luis Milla meminta masyarakat Indonesia tidak mengkhawatirkan nasib skuatnya setelah kalah 1-2 dari Palestina dalam lanjutan laga Grup A sepak bola putra Asian Games 2018, Rabu (15/8).

Dirinya berkomitmen akan membangkitkan semangat bermain Stefano Lilipaly dan kolega pada dua laga berikutnya menghadapi Laos pada Jumat (17/8) mulai pukul 19.00 WIB dan Hong Kong pada Senin (20/8) pukul 19.00 WIB.

Optimisme yang sama juga diungkap Andritany Ardhiyasa untuk membahwa rekan lolos ke babak selanjutnya meski kalah dari Palestina.(*)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *