Sumbar

Kota Padang

Fajar Terkini

Pemprov Sumbar Serahkan 19 Mesin Long Tail untuk Kelompok Nelayan di Padang Pariaman


Pariaman, fajarsumbar.com -Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) menyerahkan bantuan sebanyak 19 mesin long tail untuk tiga kelompok nelayan di Kabupaten Padang Pariaman, Jumat (3/8/2018).

Bantuan itu diserahkan Wakil Gubernur Nasrul Abit. Dia menyebutkan saat ini ada 42 ribu KK nelayan di Sumbar. Artinya jika satu keluarga terdiri lima orang, maka akan ada 220 ribu jiwa, yang hidupnya bergantung dari laut.

"Panjang pantai di Sumbar lebih kurang mencapai 600 kilometer. Mulai dari Pasaman Barat, Pesisir Selatan sampai ke Mentawai," ujar Nasrul Abit saat menyerahkan bantuan mesin long tail di Kantor Camat Sungai Limau.

Pihaknya berharap dengan bantuan yang diberikan ada peningkatan penghasilan nelayan. Biasanya hanya  Rp50 ribu sehari dengan mesin long tail bisa menjadi Rp100 ribu. Selain itu, nelayan yang menerima bantuan tidak diperkenankan menjual mesin long tail yang diberikan.

Tak hanya, Wagub mengimbau agar para nelayan tidak membuang sampah dilaut. Akibatnya sampah tersebut nantinya akan menumpuk di Muaro Lasak Pantai Padang. "Jangan buang sampah di laut,  sampahnya sampai ke Kota Padang,"kata Wagub.

Kemudian, Nasrul mengingatkan, nelayan untuk selalu menjaga kekompokkan. Serta melakukan pengawasan jika ada yang melakukan ilegal fishing. "Laporkan segera, kalau ada yang mau merusak laut dan pantai kita,"ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumbar Yosmeri mengatakan, pihaknya memilih menyerahkan bantuan pada nelayan di Kabupaten Padang Pariaman karena tahun lalu kelompok nelayan mengajukan proposal bantuan. Namun baru bisa direalisasikan pada 2018. "Kita pilih disini karena nelayannya cukup aktif,"katanya.

Bupati Kabupaten Padang Pariaman Ali Mukhni mengimbau, agar bantuan yang diberikan oleh Pemprov Sumbar dirawat oleh nelayan penerima. Tujuanya, untuk bisa meningkatkan perekonomian dan taraf hidup.

"Kami berharap seluruh nelayan di Kabupaten Padang Pariaman bisa mendapatkan bantuan alat tangkap dari Pemprov. Sebab panjang pantai disini 60,5 kilometer dri batas kota padang hingga ke Kabupaten Agam. Mereka membutuhkan bantuan alat tangkap,"tuturnya.

Pada kesempatan itu juga diberikan asuransi dari Jasindo kepada empat orang keluarga nelayan yang meninggal dunia. Dua orang menerima asuransi sebesar Rp20 juta, satu orang Rp40 juta, dan Rp200 juta untuk satu orang. (melati)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *