SUMBAR

Fajar Terkini

Kota Padang

Polda Buru Pemilik 127 Kubik Kayu Ilegal



Padang, fajarsumbar.com - Penyidik Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda Sumbar menurunkan tim untuk mengungkap pelaku temuan kayu 127 kubik. Kayu olahan tersebut ditemukan di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Pessel.

"Itu informasinya sangat bagus, nanti saya tindaklanjuti temuan kayu  tersebut," ujar Direktur Reskrimsus, Kombes Margiyanta, Jumat (3/8).

Jika kayu-kayu temuan yang berjumlah ratusan kubik itu berada dalam kawasan hutan lindung, pihaknya menduga hasil penebangan liar (ilegal logging).

"Pemilik kayu akan kita dalami dan akan perintahkan personel  Subdit IV Ditreskrimsus untuk turun ke lapangan bekerjasama dengan Polres Pesisir Selatan dan Dinas Kehutanan, Balau Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS) dan stakeholder lainnya.

Jika kasus kayu temuan ini ditangani penyidil BBTNKS, pihaknya tentu akan mem-backup penuh karena mereka juga mempunyai kewenangan dan juga memiliki Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS).

"Yang pasti kayu temuan ini akan kita selidiki, kita akan saling koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Kalau TNKS yang tangani karena mereka punya PPNS, pasti kita backup sepenuhnya," kata Margiyanta.

Kayu temuan yang tersusun rapi di sungai merupakan modus operandi kasus penebangan liar. Kayu itu dihanyutkan di sungai dan sudah ada orang yang menanti untuk kemudian mengambilnya.

Mengungkap kemana ratusan kayu itu akan dihanyutkan sebenarnya tidak sulit, walaupun tujuannya belum diketahui. Caranya, ikuti saja kemana aliran sungai itu dan penghentian terakhirnya.

"Arah tujuan kan belum kita ketahui, tapi nggak susah kok, kemana aliran sungainya dan dermaga. Jika kasus ini dapat terungkap dan diproses hukum pelaku bisa dijerat undang-undang ilegal logging ancaman diatas lima tahun penjara," beber Margiyanta.(guspa)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *