Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Ratusan Anak PAUD di SPNF SKB Wilayah I Padang, Ikuti Manasik Haji


Kepala SPNF SKB wilayah I Kota Padang, Nova Devista pada manasik haji PAUD
di Asrama Haji, Padang, Kamis (16/8/2018).

Padang, fajarsumbar.com - Ratusan peserta pendidikan anak usia dini (PAUD) wilayah kerja Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) wilayah I Kota Padang ikuti manasik haji di Asrama Haji, Padang, Kamis (16/8/2018).

Kegiatan yang sudah jadi kegiatan tahunan SPNF SKB wilayah I Padang tersebut dimaksudkan upaya memberi pembelajaran nilai-nilai moral dan agama dengan metode simulasi ibadahn haji kepada anak pra sekolah.

Kepala SPNF SKB wilayah I Kota Padang Nova Devista saat membuka manasik haji tersebut menyebutkan, kegiatan itu penting karena anak usia dini berada pada masa emas (golden age), mereka menyerap dengan baik apa yang dilihat, dengar dan alami.

"Untuk itu kita perlu memberi kesan atau pengalaman yangg baik terhadap anak sehingga tertanam dalam diri mereka dan nantinya menjadi bagian dari kepribadian yang agamis yaitu cenderung kepada perilaku sesuai tuntunan agama," ujar Nova yang didampingi panitia pelaksana yang juga Koordinator Pengabdian Masyaraka SKB Wilayah I, Fauzia.

Menurut Nova,  pada manasik haji itu juga tersimpan makna dalam agar dapat dipahami dengan baik dan  terus tumbuh semangatnya, sehingga ibadah haji akan menjadi salah satu visi hidupnya bila sudah dewasa nanti, mereka punya keinginan untuk melaksanakan rukun islam ke lima tersebut.

 Koordinator Pengabdian Masyaraka SKB Wilayah I, Fauzia
bersama anak PAUD saat manasik
Pada manasik haji itu, anak PAUD memperagakan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Dalam kegiatan manasik haji, itu anak PAUD itu juga diperkenalkan tentang tata cara pelaksanaan ibadah tersebut.

Misalnya rukun, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji. Selain itu, anak juga diajari bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.

Kegiatan manasik haji tersebut diikuti ratusan peserta PAUD di bawah naungan SPNF SKB wilayah I Kota Padang. Kecamatan dibawah naungan SPNF SKB Wilayah I tersebut, Kecamatan Koto Tangah, Padang Utara, Nanggalo, Padang Timur, Paun dan Kuranji.

"Pada saat ini ada tiga kecamatan yang mengutus PAUD-nya melaksanakan manasik haji ini di wilayah I, Kecamatan Padang Utara, Nanggalo, Padang Timur . Sementara Kecamatan Bungus meski tidak berada di wilayah SPNF SKB wilayah I, tapi mereka juga ikut berpartisipasi," sela Fauzia.

Kegiatan yang sudah menjadi agenda tahunan di wilayah I tersebut kali diikuti ratusan peserta, mereka juga berpakaian ikhram layaknya umat Islam melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekkah. (andri)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *