Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Semarakkan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari Sumbar Biddokkes Polda Gelar Tes IVA

Ketua PD Bhayangkari Sumbar, Ade Fakhrizal foto bersama dengan pengurus dan pejabat utama Mapolda, dalam kegiatan pemeriksaan IVA di RS Bhayangkara, Kamis (23/8). 

Padang, fajarsumbar.com - Pengurus Daerah Bhayangkari Polda Sumbar bekerjasama dengan Biddokkes menggelar tes IVA (Inspeksi Visual Asamasetat) dan sadanis bagi ibu-ibu Bhayangkari, Kamis (23/8). Tes kesehatan itu digelar di Rumah Sakit Bhayangkara.

Ketua PD Bhayangkari Sumbar, Ade Fakhrizal menyebutkan tes IVA diselenggarakan dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-66, dengan tema 'Mari Hdup Sehat Melalui Deteksi Dini Kanker dengan Tes IVA dan Sadanis.

Dikatakan, pemeriksaan IVA terselenggara atas kerjasama dengan Biddokkes dan dilakukan setiap tahun. Iva salah satu jenis kanker serviks yang kerap kali menyerang wanita. Meski termasuk ganas, kanker yang berkembang di leher rahim ini sebenarnya dapat dicegah dan dideteksi sejak dini.

"Peluang kesembuhannya sangat besar, jika ibu-ibu tidak malu melakukan pemeriksaan,"ujar Ade.

Dikatakan, salah satu cara mendeteksi kanker serviks, yaitu dengan pap smear dan tes IVA. Pemeriksaan IVA ini memiliki kelebihan salah satunya kesederhanaan teknik dan mampu untuk memberikan hasil dengan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin.
Dengan mendeteksi dini melalui tes IVA, bertujuan untuk mengurangi angka kematian wanita, dimana setiap tahunnya ada 15.000 juta jiwa meninggal dunia karena kanker serviks," kata Ade Fakhrizal.

Kabid Dokkes Polda Sumbar, Kombes Pol dr. Danang Pamudji mengatakan pencegahan dini dengan metode IVA harus digencarkan karena tingkat akurasinya hampir sama dengan tes Papsmear.

Selama ini kebanyakan masyarakat masih takut, merasa khawatir dan malu memeriksakan organ kewanitaan untuk mendeteksi kankers serviks. Dengan kegiatan ini mereka secara mandiri dan sukarela bersedia melakukan deteksi dini sebagai kebutuhan untuk terhindar dari penyakit kanker serviks.

Mendeteksi dini melalui tes IVA  dan Sadanis wanita yang positif terjangkit kanker serviks dapat mengambil langkah tepat dalam penanganannya, kata Danang. (guspa)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *