Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

SMP 5 Padang, Sejalankan Aqidah dengan Syariat Agama

Shalat Zuhur berjamaah yang dilaksanakan di halaman SMP 5 Padang yang langsung diimami kepala sekolah Junaidi.

Padang, fajarsumbar.com - SMPN 5 Kota Padang, dalam menjalankan visi misinya untuk membentuk siswa yang berkarakter harus sejalan dengan aqidah dan syariat agama.

Dengan kata lain pemahaman program itu siswa harus seimbang antara teori dan prakter, seperti halnya pelaksanaan shalat wajib lima waktu.

Hal itu dikatakan Kepala SMPN 5 Padang, Junaidi,  kemarin.

Dikatakan, orang tua para siswa juga dapat melihat kegiatan itu.  Pelaksaan shalat Zuhur berjamaah setiap harinya di halaman sekolah kecuali Jumat-Sabtu.

Hal ini kata Junaidi, sesuai komitmen untuk menjadikan SMP 5 menjadi sekolah yang berkarakter, Islami, aman dan nyaman bagi anak didik.

Hingga saat ini berbagai inovasi sudah banyak dilakukan, terutama dengan melibatkan peran orang tua dalam proses pendidikan. Di antaranya dengan membentuk komite orang tua, membuat grup whatsapp, dan lainnya.

Bahkan, orang tua ikut terlibat dalam membenahi kelas anak serta ikut menciptakan kelas yang nyaman.

Sementara itu, Rita Wali Kelas 7-II, mengatakan, agar visi misi dari sekolah bisa terwujud, tepat sasaran dan sesuai dengan program Walikota Padang, sekolah telah melakukan koordinasi dengan orang tua murid.

Dimana orang tua juga harus berperan aktif untuk melaksanakan program yang dimaksud dalam lingkungan keluarga di rumah.

Program yang dilaksanakan di rumah tersebut adalah program yang mewajibkan setiap anak berada di rumah pada pukul 18.00 hingga 21.00 WIB.

Mereka harus berkumpul dengan keluarga untuk bercerita, bermain, belajar serta melaksanakan ibadah bersama seperti shalat maghrib dan Isya dan membaca Alquran.

Pada jam yang dimaksud, semua anggota keluarga juga diharuskan untuk tidak bermain HP dan juga mematikan televisi, orang tua harus fokus menemani anak belajar, mengerjakan tugas atau PR.

Melalui program itu diharapkan bisa membentuk generasi emas yang berkarakter untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang maju dan berperadaban tinggi. (andy)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *