Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Sumbar akan Bangun Monumen TdS

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit serta rombongan foto bersama seusai melihat lokasi pembangunan monumen TdS, Rabu (15/8). (melati)

Kabupaten Solok, fajarsumbar.com - Tahun depan tepat sepuluh tahun atau satu dekade diselenggarakannya ajang Tour de Singkarak (TdS) di Sumatra Barat (Sumbar). Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemrov) Sumbar, berencana akan membangun monumen TdS.

“Saat ini kita masih mencari lokasi yang tepat untuk membangun monumen ajang balap sepeda tingkat internasional itu,” ujar Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar Nasrul Abit, saat peninjauan lokasi pembangunan monumen TdS di Kabupaten Solok, Rabu (15/8/2018).

Wagub menginformasikan, rencana pembangunan monumen TdS berlokasi di sekitar Danau Singakarak. Sudah ada satu tempat di dermaga Pasangrahan Singkarak dan satu lagi lokasi Sandiang Baka, yang luas lahan sekitar 1,8 hektare. 

Namun pihaknya masih perlu mempelajari lagi dengan Dinas PU agar untuk memastikan dimana lokasi yang tepat. Sekaligus bisa menjadi lokasi baru yang dapat menggerakan ekonomi masyarakat di sekitar Danau Singakarak.

"Mudahan-mudahan pada 2020 sudah dapat kita realisasikan dan butuh dukungan elemen masyarakat," ujar Wagub didampingi Sekretaris Daerah Pemkab Solok Aswirman, dan jajaran Dinas Pariwisata.

Menurut Wagub, pembangunan monumen TdS dapat dijadikan simbol kemajuan pariwisata di Sumbar. Selain itu  karena pelaksanaan selama ini juga berjalan dengan baik dan memberi dampak positif terhadap daerah.

“Kita akan segera membuat master plan dan DED-nya untuk pembangunan Monumen TdS. Jika tidak bisa fisiknya tahun 2019, maka di 2020 bisa kita mulai pembangunannya,” ujarnya.

Nasrul juga menyatakan membuka diri kepada pihak swasta yang berminat untuk membangun Monumen TdS tersebut. Karena sejauh ini, persoalan lahan telah ada, dan tinggal menyusun master plan dan DED.

“Paling hanya dibutuhkan anggaran sekitar Rp10 miliar hingga Rp20 miliar. Kalau untuk pariwisata itu tidak masalah, karena akan berdampak luas kepada masyarakat,”kata Wagub.

Nasrul menambahkan, pembangunan monumen TdS tentu diharapkan menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Sumbar.

“Dampak pembangunan monumen ini dapat mendorong kreatif masyarakat baik dalam usaha kecil menengah,”ucapnya.

Lokasi monumen TdS ini nanti dapat menjadi lokasi star Tour De Singkarak maupun finis disetiap penyelenggaraannya setiap tahun. (melati)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *