Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

TK Telkom Dapat Kunjungan Istimewa dari Tamu Dua Negara

Foto bersama dengan Kepala TK Telkom
Padang, fajarsumbar.com  - TK Telkom Padang, dapat kunjungan istimewa dari dua negara sahabat, Jepang dan Thailand, Selasa (14/8).

Sekolah yang meraih segudang prestasi baik Sumbar maupun nasional itu didatangi para pakar PAUD Asean. Kedatangan mereka untuk melakukan observasi dan melihat secara langsung perkembangan PAUD di Indonesia khususnya Padang.

Mereka adalah pakar PAUD Jepang, Prof. Ikuyo wakayama, Ph . D, (Early Childhood Education, Toyama University Japan) , Thoen Seenuan, Ph.D (Arly Childhood Education, Pibulsongkram Rajabhat University, Phitsanulok , Thailand).

Bersama mereka turut serta Ms. Kotomi Morino, Ms. Misato shimizu , mahasiswa terbaik dari Toyama University, Japan. Kemudian Ms. Yasuko Takami (the best kindergarten teacher in Toyama, Japan) atau guru terbaik Universitas Toyama, Jepang.

Kedatangan mereka di sambut kepala TK Telkom Irma Candra Dewi, majelis guru, murid TK  dengan meriah. Para tamu terhormat itu dikalungkan  bunga oleh sejumlah murid yang sudah dipersiapkan dengan pakaian adat Minangkabau.

Tamu ketika disambut anak TK dengan pakain adat Minangkabau
Lebih meriah lagi TK Telkom juga menyuguhkan penampilan murid TK yang membawakan tari batok tempurung. Meski penampilannya kurang kompak, namun punya daya tarik tersendiri dari tamu luar negeri yang pakar dalam bidang ilmu pendidikan anak usia dini tersebut.

Sekretaris Jurusan Pendidikan PAUD, Universitas Negeri Padang, Syahrul Ismet yang mendampingi para pakar PAUD luar negeri itu mengatakan, selama di Padang para pakar PAUD itu mengunjungi empat TK. Selain TK Telkom juga bakal mengunjungi, TK Islam Terpadu Azdkia. Sebelumnya telah mengunjungi TK Pertiwi Gubernur dan PAUD Citra Almadina.

Alasannya memilih TK Telkom karena TK terletak di Aur Duri, Padang Timur itu, karena menjadi mitra UNP. Punya program spesifik, unggul, relegius, punya pengembangan kreativitas anak, begitu juga sekolah itu banyak meraih prestasi. Bisa saling share, sekolah TK Telkom merupakan juga permintaan khusus dari tamu Jepang dan Thailand tersebut.

Penampilan tari batok tempurung
“Kehadiran para pakar PAUD dua negara ini diharapkan mampu menciptakan pemahaman yang sama kepada para guru PAUD kita terkait kurikulum global , interaksi global para guru terhadap perkembangan PAUD,” terang Syahrul didampingi salah seorang dosen Jurusan PG PAUD , Saridewi.

Disebutkannya , dengan adanya kunjungan itu diharapkan akan diperoleh hubungan baik antar perguruan tinggi dengan perguruan tinggi di negara para pakar PAUD tersebut. Sehingga terjalin kerjasama yang baik untuk saling berbagi up grade dan update tentang perkembangan PAUD dunia dengan Indonesia.

Jalinan kerjasama antar kampus di luar negeri, UNP sendiri sudah melakukannya sejak dua tahun terakhir . Mahasiswa UNP melakukan praktek lapangan ke Thailand dan Philipina. Sebaliknya UNP sendiri juga sudah menerima mahasiswa dari sejumlah negara Asia.

Perkembangan PAUD dunia itu sangat besar, sedangkan Indonesia baru bergerak untuk membangun secara maraton. Karena itu dibutuhkan kerjasama dengan negara luar guna percepatan ketertinggalan Indonesian terhadap pendidikan anak usia dini.

“Orang luar ini juga belajar pada dunia pendidikan kita. Karena kita punya kearifan lokal. Anak -anak sangat antusias belajar di PAUD . Hal ini sesuatu yang luar biasa bagi mereka,” terangnya.

Sementara, Kepala TK Telkom, Irma Candra Dewi menyambut dengan senang hati atas kunjungan tamu dari dua negara tersebut.

Melalui penerjemahan Saridewi dari UNP, Dewi mengatakan, sekolah yang dia pimpin mempunya visi untuk menciptakan anak mandiri, kreatif, beriman dan bertaqwa.

"Kami di sini setiap hari melakukan shalat dhuha, baca ayat-ayat pendek dan menerapkan pendidikan karakter sejak anak usia dini," tambah kepala sekolah yang telah mengharumkan nama Sumbar dan Kota Padang khususnya, karena telah banyak meraih prestasi di tingkat nasional.

Dewi juga menyebutkan misi TK Telkom, diantaranya memfasilitasi kegiatan belajar melalui bermain yang aktif dan menyenangkan sesuai dengan tahapan perkembangan dan potensi peserta didik, meningkatkan kreativitas dan kemandirian peserta didik sejak usia dini, menginteraksikan pendidikan agama Islam dalam setiap kegiatan agar peserta didik memiliki akhlak yang mulia.

Sebelum mengakhiri kunjungan, para pakar PAUD di dua negara itu melakukan observasi dengan mengunjungi lokal untuk melihat lebih dekat cara guru mengajar.

Mereka sangat senang dan senyum-senyum melihat tingkah polah murid TK Telkom, meskipun mereka tidak mengerti apa yang diucapkan murid, tamu luar negeri itu tetap saja tersenyum bahagia.(andri)











Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *