Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

20 Mahasiswa/i Ikuti Pemilihan Putra-putri Batik Minang

Rektor Unand, Prof. Tafdil Husni bersama Tim Peneliti foto bersama dengan peserta pemilihan putra putri batik Minang di lantai III, Gedung Baru Pasar Raya, Padang, Kamis (20/9). (guspa caniago)

Padang, fajarsumbar.com - Tim  Peneliti Unggulan Strategis Nasional (PUSN) Unand menggelar pemilihan putra putri batik Minang, pameran batik, fashion show dan talk show. Kegiatan tersebut diadakan di lantai III Gedung Baru, Pasar Raya, Padang, Kamis (20/9).

Lomba batik minang antar mahasiswa tersebut diikuti sekitar 20 mahasiswa/wi dan dibuka Rektor Unand, Prof Tafdil Husni, dihadiri Ketua LPPM, Tim Peneliti dan Kepala Dinas Perdagangan Padang.

Rektor Unand, Prof Tafdil Husni menga takan penelitian yang dilakukan dosen Unand harus dibuktikan dengan realisasi, bukan sekadar laporan saja. Ini sudah dilakukan tim peneliti Unand dengan mengelar beberapa kegiatan, di antaranya pelatihan membatik, lomba batik minang antara mahasiswa dan kegiatan lainnya.

"Hasil penelitian tidak saja dalam bentuk laporan tapi harus dibuktikan dengan realisasi. Unand itu bukan saja sebagai tempat mengajar, meneliti tapi juga peduli dengan ekonomi kerakyatan,"ujar Rektor.

Sementara itu, Ketua Tim Peneliti Unand, Prof Herri, didampingi Dr. Toti Srimulyati menyebutkan pemilihan putra putri batik Minang ini merupakan hasil rangkaian penelitian yang dilakukan selama tiga tahun.

Perguruan tinggi itu melakukan penelitian yang mengarah pada perbaikan ekonomi rakyat. "Ini sudah tiga tahun, batik Minang merupakan karya kreatif yang harus dikembangkan,"ujar Herri.

Diceritakan, perguruan tinggi (PT) berperan dalan meneliti dan menghasilkan produk yang produkrif. Selain itu juga berperan dalam meneliti yang bisa menghasilkan produk yang produktif.

"Kami dapat dukungan yang luar biasa dari Rektor Unand dan UNP,"kata Herri.

Ketua Pelaksana yang juga tim peneliti Toti Srimulyati menyebutkan selain pemilihan putra putri batik Minang juga digelar fashion show dan talkshow dengan tema motif Minang dan pengunaanya pada kain batik, dengan narasumber Prof Herri, Dr. Budiwirman, Toti Srimulyati, pengusaha batik, Hj. Wirda Hanim dan Budayawan Mak Katik.
Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatangan MoU antara Unand dengan Kepala Dinas Perdagangan Padang. (guspa)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *