Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

AFC Jagokan Timnas Indonesia U-16 Lolos Fase Grup Piala Asia


Kuala Lumpur, fajarsumbar.com- Timnas Indonesia U-16 akan segera memulai petualangannya di Piala AFC U-16 2018. Ini adalah langkah awal anak asuh Fakhri Husaini dalam upaya mewujudkan mimpi tampil di Piala Dunia U-17 2019.

Sejak awal, PSSI memang menargetkan agar timnas Indonesia U-16 bisa tampil kompetitif di Piala AFC U-16 2018. Itu karena PSSI ingin agar Bagus Kahfi dan kawan-kawan tampil di Piala Dunia U-17 2019.

Syaratnya pun terbilang berat. Hanya tim yang melaju hingga semifinal Piala AFC U-16 yang berhak tampil di putaran final Piala Dunia U-17. Karenanya, Timnas U-16 harus terlebih dulu melewati hadangan Iran, Vietnam, dan India di Grup C.

Jika melihat penampilan dalam setahun terakhir, lolos dari fase grup bukan tugas yang berat bagi Timnas Indonesia U-16. Di fase kualifikasi yang dihelat setahun lalu, Indonesia finis sebagai penguasa Grup G yang dihuni Thailand, Timor Leste, Laos, dan Kepulauan Mariana Utara. Empat laga melawan keempat tim itu dimaksimalkan dengan kemenangan 100 persen.

Kehebatan terkini timnas Indonesia U-16 adalah menjuarai Piala AFF U-16 2018. Artinya, Indonesia akan jadi tim yang begitu disegani di Piala Asia U-16. Untuk memantapkan persiapan, mereka pun sudah menggelar pemusatan latihan (TC) di Malaysia sejak akhir Agustus 2018.
Tak heran jika AFC pun menganggap Timnas Indonesia U-16 adalah salah satu tim yang difavoritkan di Grup C. Hal itu terungkap dari penilaian yang ditulis AFC terkait profil mengenai empat penghuni Grup C.

"Indonesia lolos setelah memenangkan Grup G kualifikasi, termasuk melawan rival di Asia Tenggara, Thailand. Dan dengan memenangkan AFF U-16 2018 pada Agustus lalu, mereka jadi pesaing kuat untuk tempat di babak gugur," tulis di situs AFC.

Dalam tulisan itu pula AFC menyebut Iran sebagai salah satu negara tersukses di Piala AFC U-16 meski baru sekali menjuarainya. Pada edisi 2016, mereka kalah dari Iran di final lewat adu penalti. "Fakta menyakitkan bahwa mereka kalah dalam adu penalti pasti akan mendorong mereka untuk mencapai kejayaan di Malaysia."

Kebetulan, Iran yang akan jadi lawan pertama Timnas Indonesia U-16. Kedua tim akan bentrok di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Jumat (21/9/2018). Setelah itu, Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Vietnam, 24 September, dan India, 27 September.


Sumber: liputan6.com

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *