Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Anggota DPRD Pasbar Reses Dengar Aspirasi Masyarakat


Pasbar, fajarsumbar.com - Beberapa waktu lalu sebanyak 40 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman Barat mengisi masa reses (istirahat sidang) dengan bertatap muka sekaligus menyerap aspirasi dari masyarakat di empat daerah pemilihan (Dapil) yang ada di Pasbar. Banyak hal yang disampaikan para wakil rakyat itu tentang pembangunan, tak sedikit pula aspirasi yang mesti diperjuangkan.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Pasbar Suratno S. Pd menyampaikan Reses merupakan agenda rutin bagi dewan dan sudah diatur oleh UU. Setiap anggota dewan dipersilahkan menggunakan masa reses atau tidak menggunakannya. Namun, anggaran untuk reses tersebut sudah disediakan berpedoman kepada aturan yang ada.

“Terkait anggaran kegiatan reses masing-masing anggota DPRD Kabupaten Pasbar  mendapatkan jatah. Kegiatan ini adalah agenda rutin setiap para anggota DPRD,” kata Suratno.

Tujuan reses dilaksanakan dalam rangka menjalin silaturahmi dengan masyarakat di Dapil masing-masing anggota DPRD, serta dalam rangka mendengarkan aspirasi yang kemudian nanti disampaikan kepada pemerintah daerah.

“Anggota dewan yang ikut reses, harus mempertanggung jawabkan melalui laporan. Dan bagi yang tidak menjalani reses, wajib mengembalikan uang reses ke kas daerah,” pungkasnya.

Ketua DPRD Kabupaten Pasbar Daliyus K mengatakan  dengan diambil reses oleh para anggota DPRD. Semua aspirasi terkait pembangunan dan lain sebagainya yang masih terbengkalai dapat diterima dan disampaikan nantinya kepada pemerintah daerah.

"Kita berharap, anggota DPRD mengambil reses agar aspirasi yang ada di masing-masing daerah pemilihan dapat dituangkan nanti kepada pemerintah daerah. Semua anggota DPRD diharapkan mengambil reses ini, khususnya bagi kader Golkar harus mengambil reses ini, agar aspirasi yang ada di masing-masing daerah pemilihan dapat dituangkan nanti kepada pemerintah daerah,"kata Daliyus K.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Edri Syahrinal, S.Kom
dengan Reses apa yang dirasakan oleh masyarakat bisa ditangkap oleh anggota DPRD dari dapil tersebut. Sebab, selama masa sidang jarang bertemu dengan masyarakat, dengan adanya Reses tersebut setiap anggota DPRD bisa melihat langsung pembangunan di masyarakat.

"Kalau masyarakat belum merasakan pembangunan atau masyarakat belum merasakan pembangunan kita bisa mengevaluasi dan disampaikan kepada pemerintah daerah,"urai Edri Syahrinal.

Begitu juga dengan Wakil Ketua DPRD Fetris Oktrihardi, anggota dewan agar mengoptimalkan masa Reses sehingga menjadikan masa reses,  sebagai momen untuk menyerap aspirasi rakyat untuk disuarakan.

“Aspirasi masyarakat,  benar-benar dijalankan sebagai bentuk pelayanan dan pembelajaran politik anggota dewan,"jelas Fetris Oktrihardi. (Andrizal)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *