Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Awas, Dana Komite Bisa Jadi Titian Barakuak, Kenapa?

Suasana pertemuan perangkat komite SMK 2 Padang di sekolah setempat.
Padang, fajarsumbar.com - Ketua Dewan Pengawas Komite SMKN 2 Padang, Marwan Usman menegaskan perlunya peninjauan kembali dasar hukum penggunaan dan pemungutan dana komite yang telah dilaksanakan selama ini.

"Kalau dilihat model pengumpulan uang komite sekolah pada hampir di semua SMA dan SMK lebih mirip dengan pungutan. Kalau itu dianggap pelanggaran harusnya seluruh dana komite SMA dan SMK sebaiknya dihentikan," ujarnya kepada Singgalang, kemarin.

Menurutnya, dari hasil koordinasi dengan pihak terkait, penafsiran sumbangan dan pungutan yang dilakukan komite sudah banyak kepala sekolah yang kena operasi tangkap tangan (OTT). "Aturan komite sekolah yang dibuat seakan seperti jebakan alias titian barakuak buat kepala sekolah dan komite," tambah Marwan.

Sebelumnya komite SMK 2 membahas laporan pertanggungjawaban penggunaan dana komite sekolah dalam bentuk Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Pertanggungjawaban itu diterima dengan berbagai catatan.

Ketua Komite SMKN 2 Padang, Evi Yandri yang didampingi Sekretaris Komite Risbon Antoni mengatakan, pertemuan perlu diadakan. Pemakaian dana komite itu harus sangat berhati-hati, masalahnya pertanggungjawabannya sangat berat, jika kesalahan dalam pemakaiannya bisa para pengurus menanggung akibatnya.(andy)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *