Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Baksos Don Bosco Padang Pecahkan Rekor

BERSAMA - Panitia dan alumni IADB pada kegiatan acara edukasi bahaya narkoba di SMA Don Bosco, Jumat (8/9). (andri besman)

Padang, fajarsumbar.com -Ikatan Alumni Don Bosco (IADB) Padang bekerjasama dengan Polda, FK Unand dan RS Unand mengadakan bakti sosial dan edukasi bahaya narkoba. Kegiatan itu dimulai Jumat - Minggu (7-9/9) di beberapa tempat.

Bakti sosial dengan mengusung tema "Bersatu untuk Berbagi" tersebut dalam rangka memperingati 73 tahun Kemerdekaan RI dan memperingati ulang tahun SMA Don Bosco Padang ke-64. Kegiatan itu juga melibatkan Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar.

Bakti sosial (baksos) berupa operasi mata katarak gratis, donor darah, khitanan massal, deteksi dini penyakit gula darah, tekanan darah, kanker payudara dan jantung serta edukasi bahaya narkoba.

Ketua umum kegiatan H. Joi Kahar didampingi Ketua II Veridiana Soemanto serta panitia lainnya Hengky mengatakan, bakti sosial itu salah satu wujud kepedulian IADB terhadap sesama. Khususnya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Veridiana Soemanto menambahkan, bakti sosial itu diawali kegiatan edukasi bahaya narkoba, Jumat (7/9) di auditorium SMA Don Bosco. Panitia menargetkan 800 peserta.

Edukasi bahaya narkoba menghadirkan nara sumber dari Ditresnarkoba Polda Sumbar, Kompol Lismunawati dan AKBP Budi Siswono. Pada kegiatan itu panitia juga mendatangkan Uni Uda Kota Padang, Duta Narkoba Narkoba, Mutiara Nabilla, duta remaja, Kania Wiropati yang juga alumni Don Bosko 2017.
Para peserta edukasi bahaya narkoba di SMA Don Bosco Padang

Selanjutnya, Sabtu (8/9) donor darah dan khitanan massal gratis di Mapolda Sumbar. Donor darah panitia menargetkan 1.300 orang, sedangkan untuk khitanan massal ditargetkan 200-300 orang. "Donor darah dipastikan memecahkan rekor dengan peserta terbanyak mencapai 1.300 orang," tambahnya.

Pada hari itu juga dilakukan operasi mata katarak di Rumah Sakit Unand Limau Manis, dengan menargetkan peserta 150-200 orang. Selain itu juga melakukan deteksi dini penyakit (gula darah, tensi dan jantung) yang ditargetkan 200-300 orang di Puskesmas Pauh.

Pada 9 September juga melakukan deteksi dini penyakit gula darah, tensi dan jantung di Fakultas Kebidanan Unand depan Mitsubishi, Pondok, Padang Barat. “Operasi katarak, donor darah dan khitanan massal dilakukan serentak pada Sabtu (8/9) pukul 08.00,” tambahnya.

Panitia mengimbau kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan momentum bakti sosial itu dengan mendaftarkan diri ke sekretariat bakti sosial di masing-masing kegiatan.

"Bakti sosial itu terselenggara berkat kebersamaan, bantuan, sumbangsih dan partisipasi para alumni IADB yang tersebar di seluruh Indonesia," tutupnya.(andri)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *