Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Banjir Bandang Sapu Kampung Dalam, Pariaman


Kampung Dalam, fajarsumbar.comHujan yang mengguyur di sepanjang, Senin (24/9) mengakibatkan Durian Dangka, Sikucua Tangah, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Padang Pariaman dilanda banjir bandang.

Banjir yang datang tanpa diduga itu, menghanyutkan binatang peliharaan warga dan menyapu jagung hasil panen milik petani.

Hujan cukup lebat terjadi di hulu sungai kawasan Sialangan Gunuang Padang Alai, sehingga menyebabkan aie gadang di aliran Batang Nareh yang bermuara ke Pasir Baru ini. Wilayah yang terkena dampak dari Banjir Bandang ini adalah lahan pertanian Lunggo dan Kapunduang Durian Dangka, Nagari Sikucua Tengah. 

Camat V Koto Kampuang Dalam Zulkarnaini, S.Sos kepada awak media ini di Kampuang Dalam menyebutkan, ternak kebau milik warga yang hanyut dari Sialangan, ditemukan telah mati. Sedangkan jagu
ng sesudah panen sekitar tiga ton milik petani Harmansyah dan Basri, ikut hanyut terbawa banjir. 

Dijelaskannya, sebuah jembatan di Lunggo, ikut tergurus Banjir. Jembatan ini menghubungkan Korong Tangah Padang ke Lubuak Tirih  Nagari Sikucua Tengah dan Padang Siminyak Nagari Kudu Gantiang Barat Kecamatan V Koto Timur. 

"Di Korong Kapunduang ada sebuah rumah telah mencapai bibir aliran sungai Batang Nareh. Kawasan itu memang pemukiman penduduk dengan rumah cukup padat serta Komplex SMPN No. 2  V Koto Kampung Dalam" kata Camat Zulkarnaini.

Ditambagkan Camat, peristiwa banjir dan situasi pemukiman penduduk yang berdekatan dengan Komplex SMP ini telah kita laporkan ke pihak Pemda Padang Pariaman. 

Hal ini mengantipasi luapan banjir masa mendatang, kiranya dapat dilakukan normalisasi sungai Batang Nareh tepatnya di Durian Dangka, Nagari Sikucua Tengah ini,  harap Zulkarnaini yang akan purna bhkati Oktober tahun 2018 ini. (sa)





Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *