Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

BPJN Bersih-Bersih di Lembah Anai


Lembah Anai, fajarsumbar.com – Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah Tiga (BPJN III) tidak mau ketinggalan dalam memeriahkan hari bersih lingkungan sedunia. Balai yang bertugas menjaga jalan nasional di Sumatera Barat-Bengkulu itu menggelar aksi bersih-bersih di kawasan wisata air terjun Lembah Anai, Kabupaten Tanah Datar, akhir pecan lalu.

Seluruh pegawai BPJN III dan pegawai Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Provinsi Sumatera Barat dilibatkan untuk memungut sampah di jalan nasional tersebut. Ada sekitar dua kilometer yang dipunguti sampah-sampahnya oleh mereka, mulai dari Kelok Perkedel hingga lokasi pemandian mega mendung. Areal bawah jembatan pun tak ketinggalan.

“Aksi bersih-bersih yang kami lakukan pada Sabtu 15 September lalu merupakan wujud kepedulian kami dari keluarga besar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terhadap lingkungan hidup. Alhamdulillah, dalam aksi ini, semua pegawai di BPJN III dan Satker Pelaksana Jalan Nasional Wilayah I Sumbar ikut serta.” ujar Kepala BPJN III, Aidil Fiqri, Selasa (18/9).

Aidil Fiqri mengungkapkan pemilihan lokasi dilatarbelakangi Lembah Anai sebagai kawasan wisata yang terletak di pinggir jalan nasional. Ada sekitar 10.000 kendaraan yang lewat per hari. Lokasi ini sering dikunjungi dan tak jarang menjadi semacam rest area.

Banyaknya sampah yang berserakan membuat keluarga besar BPJN III terpanggil memanfaatkan momentum hari bersih lingkungan sedunia ini untuk melakukan edukasi kepada pengguna jalan nasional, wisatawan dan masyarakat sekitar.

Makanya, Balai Konservasi Sumber Daya Air (BKSDA) Tanah Datar, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, walinagari dan walijorong Kecamatan X Koto digandeng untuk turut serta dalam kegiatan tersebut.

Ditegaskan Aidil Fiqri, “Tugas kami memang mengurusi jalan dan jembatan. Tapi kami tidak boleh terbatas dengan tugas pokok itu saja. Kami menicntai sumatera barat, termasuk mencintai lingkungan sumatera barat. Oleh karena itu kami melakukan kegiatan pembersihan lingan sekitar jalan nasional di lembah anai dari sampah-sampah agar lingkungan di sini tetap bersih dan indah.”

Menurut Aidil Fiqri, sampah-sampah dikumpulkan dalam kantong plastik yang sudah disediakan. Lalu kantong-kantong plastik tersebut dibawa petugas dinas kebersihan Pemkab Tanah Datar dan dibuang ke tempat pembuangan akhir. BPJN III juga memasang sejumlah spanduk ajakan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Empat tempat sampah dipasang di lokasi tersebut dan nantinya bakal ditambah sesuai kebutuhan.

Untuk menambah kesemarakan aksi bersih-bersih tersebut, panitia mempersiapkan hadiah kepada peserta kegiatan. Peserta terbanyak yang mengumpulkan sampahlah yang berhak atas hadiah itu. Ada juri yang melakukan penjurian setelah pukul 12.00 WIB. (andri)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *