Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

BUMD yang Tak Berikan Laba Bakal Diliquidasi

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan padangan jawaban ataa pandangan umum fraksi di DPRD Sumbar, Rabu (19/9). (Melati)

Padang, fajarsumbar.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar terus melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dimiliki.

Hal itu ditegaskan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat menyampaikan jawaban atas pandangan umum fraksi-fraksi di DPRD Sumbar terkait APBD Perubahan (APBD-P) 2018, Rabu (19/9).

Irwan mengatakan, salah satu langkah yang diambil dalam rangka pembinaan adalah, tahun 2018 telah dilakukan proses penggabungan dua BUMD (PT ATS dan Dinamika) yang merupakan bagian dari pengefesiensian dan pengoptimalan kinerja.

Dengan dilakukannya pembinaan, Irwan berharap  BUMD yang dimiliki Sumbar bisa lebih meningkatkan laba  perusahan dan dapat meningkatkan deviden yang diterima pemerintah daerah.

"Untuk BUMD yang tidak mampu memberikan laba setiap tahunnya akan dilakukan upaya liquidasi seperti yang  telah dilaksanakan pada PT ATS dan PT Dinamika. Pasca disetujui diliquidasi atas dua perusahaan itu, Pemprov sedang fokus pada pendataan aset," tuturnya.

Sementara itu mengenai rencana penambahan pembiayaan yang akan diberikan untuk Bank Nagari sebesar Rp50 miliar dan belum lama ini dipertanyakan sejumlah fraksi di DPRD Sumbar, gubernur menegaskan pengeluaran pembiayaan untuk penyertaan Bank Nagari termasuk beberapa BUMD yang lain seperti PT Jamkrida dan PT Askrida adalah untuk memenuhi ketentuan OJK. Tujuannya dalam rangka penguatan struktur modal dan pengembangan ekspansi bisnis.

"Bila tidak ditambah modalnya akan berdampak lemahnya kompetensi Bank Nagari atas bank-bank yang lain. Malahan nasabah bisa berpindah, bila dibiarkan akan berdampak pada kepada liquiditas bank nagari," katanya.

Sebelumnya, juru bicara Fraksi Partai Hanura, Armiati saat menyampaikan pandangan umum fraksinya terkait APBD-P 2019 meminta, untuk meningkatkan penerimaan, pemerintah daerah agar menggali pendapatan yang bersumber dari BUMD. (melati)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *