Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Ini Inovasi yang Dipaparkan IP Dihadapan APPSI

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno memaparkan sejumlah inovasi daerah dihadapan tim ekspedisi APPSI di istana Gubernuran, Selasa (18/9). (melati)

Padang, fajarsumbar.com - Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Irwan Prayitno (IP) memaparkan sejumlah inovasi yang telah dilakukan dihadapan Tim Ekspedisi Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI).

“Inovasi daerah tentu membutuhkan komitmen dan kerja sama seluruh pihak,”ucap IP saat kunjungan APPSI ke Sumbar, di Istana Gubernuran, Selasa (18/9).

IP menginformasikan beberapa inovasi daerah yang telah mulai dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar diantaranya inovasi pelayanan publik “Basamo Mangko Manjadi” melalui program Gerakan Terpadu Pensejahteraan Petani (GPP).

GPP merupakan strategi percepatan peningkatan pendapatan petani yang berpenghasilan rendah atau kategori petani miskin. Tujuan GPP, kata gubernur, pendapatan petani ditingkatkan melalui pengembangan usaha baik dalam bentuk fisik ataupun non fisik.

Inovasi selanjutnya, sebut IP yakni i-ternak “Beternak Diujung Jari”. Aplikasi ini merupakan pengembangan konsep tri arga model yang telah diresmikan pada 6 Januari 2018 di Hotel Balairung Jakarta.

“Berdasarkan data Balitbang Provinsi Sumbar jumlah inovasi yang sudah direkapitulasi mencapai 612. Sebanyak 254 inovasi sudah terlaksana,”kata gubernur.

Tak hanya itu, persoalan usaha kecil menengah (UKM) pun dipaparkan IP pada kesempatan itu. Menurut IP UKM memiliki keunikan konsep, sehingga bisa berdiri sejak Indonesia belum merdeka hingga saat ini.

Beberapa keunggulan yang dimiliki UKM dibandingkan dengan usaha besar yakni inovasi dalam teknologi yang dengan mudah terjadi dalam pengembangan produk. Kemudian fleksibilitas dan kemampuan menyesuaikan diri terhadap kondisi pasar yang berubah cepat.

Meskipun demikan, kata IP UKM juga memiliki kelemahan. Untuk di Sumbar permasalahan yang paling sering dihadapi oleh UKM adalah permodalan, dan kesulitan dalam pemasaran.

“Kita berharap dengan adanya dana KUR dari perbankan bisa membantu modal UKM. Sedangkan permasalahan keterbatasan pemasaran dapat dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi,”tutur Irwan. (melati)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *