Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Masjid Babussalam Jadi Proyek Percontohan di Kota Padang, Ini Kata Leonardy


Padang - fajarsumbar.com - Masjid Babussalam, Kelurahan Ulak Karang Utara, Kecamatan Padang Utara, bakal jadi Pilot Project kegiatan memakmurkan masjid di Kota Padang. Hal ini tentu menggembirakan pengurus dan jamaah masjid di lingkungan Wisma Indah I, Warta dan Bunda Padang itu. Apalagi tokoh masyarakat setempat seperti H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, SIP, MH telah menyatakan dukungan penuhnya untuk kesuksesan menjadi pilot project tersebut.

“Kita tentu saja senang. Ini jadi tantangan untuk lebih baik lagi,” ujar Ketua Pengurus Masjid Babussalam itu, Drs. H. Amril Baharuddin, Senin 17 September 2018.

Menurut Amril menegaskan bahwa keinginan menjadikan Masjid Babussalam Pilot Project Kegiatan Memakmurkan Masjid di Padang dikatakan sendiri oleh Walikota Padang, Mahyeldi.

Walikota menyatakan hal itu usai memberikan tabligh akbar kepada jamaah masjid dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah pada Selasa 11 September 2018 malam. Pada Selasa malam itu jamaah melihat pula kepedulian mereka terhadap yatim dan dhuafa di daerahnya diserahkan Walikota dan Leonardy kepada yang berhak.

Diungkapkan Amril, pernyataan walikota dalam diskusi itu disaksikan oleh Wakil Walikota Terpilih Hendri Septa yang juga warga setempat, pengurus masjid, beberapa jamaah dan Camat Padang Utara Editiawarman.

Menurut Amril, walikota terkesan dengan cara masjid memperlakukan 35 anak yatim dan dhuafa. Mereka diberi perhatian dan dibina pula keimanan mereka. Para yatim dan dhuafa diberi beras 10 kilogram per bulan, belanja mingguan Rp20.000, anak-anak mereka yang belajar quran disubsidi.

Perhatian dari pengurus dan jamaah bakal terus diberikan kepada mereka jika mereka rutin shalat lima waktu, terutama Shalat Shubuh. Artinya dengan cara ini masjid bukan hanya memberikan perhatian dari segi jasmani namun juga dari sisi rohani.

“Mereka kita dekatkan dengan masjid. Alhamdulillah anak yatim dan dhuafa akhirnya gembira shalat berjamaah di masjid. Mereka merasa tidak terbebani dengan keharusan tersebut,” ujarnya dengan nada gembira.

Amril menyebutkan dengan kekompakan pengurus dan jamaah serta dukungan banyak pihak menjadikan banyak kegiatan keagamaan yang dipusatkan di masjid.

Majelis taklim hidup, pembelajaran alquran lancar, peringatan hari besar Islam semarak.

Senator Sumbar H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP, MH, yang juga tokoh masyarakat Ulak Karang menyebutkan. Dia gembira dengan capaian tersebut. Kegiatan-kegiatan keislaman untuk memperbanyak aktifitas masjid dalam mensyiarkan ajaran Islam. Menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan kemasyarakatan.

“Alhamdulillah, Babussalam mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota Padang. Ini harus kita sambut baik. Kiat pengurus pun lebih memotivasi yatim dan dhuafa. Mereka dapat hadiah dari prestasi ibadah dan kedekatan mereka terhadap masjid. Cara yang sangat memanusiakan," pujinya.

Diakui Leonardy apresiasi itu menjadi hadiah terindah dalam memasuki tahun baru Islam. Diharapkannya semakin memompa semangat mereka dalam berbagai upaya memakmurkan masjid.

Leonardy juga mengingatkan agar para jamaah mendukung upaya pengurus masjid dalam memakmurkan masjid. Menjadikan masjid penuh dengan kegiatan sosial yang mendukung semaraknya kegiatan ibadah. Kegiatan muamalah lewat koperasi masjid harus pula ditingkatkan. (andri)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *