Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Pemprov Sumbar Lepas Kafilah MTQ Targetkan Masuk Lima Besar Nasional

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit secara resmi melepas 81 kafilah yang akan berlaga pada MTQ Nasional ke 27 di Kota Medan, Minggu (30/9). (Melati)

Padang, fajarsumbar.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) melepas sebanyak 81 kafilah untuk mengikuti MTQ Nasional XXVII di Kota Medan, Sumatra Utara (Sumut) di Aula Kantor Gubernur, Minggu (30/9).

"Target kami masuk lima besar. Sebab tahun lalu sudah berada di peringkat tujuh besar," ucap Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat melepas para kafilah.

Menurut Nasrul, target itu tidak muluk-muluk karena persiapan kafilah Sumbar tahun ini jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Pemusatan latihan dilakukan tiga kali pada April, Juli dan September 2018. Pemusatan latihan juga dilakukan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumbar sebanyak dua kali. Bahkan kafilah tersebut masih akan melakukan pemantapan 1-4 Oktober di Jakarta.

"Persiapan sudah kita mulai sejak lama dan berkelanjutan. Kita optimis target lima besar bisa tercapai," kata dia.

Nasrul meminta pada pendamping dan pelatih agar waktu empat hari di Jakarta dimanfaatkan secara maksimal untuk memperbaiki kekurangan peserta yang masih dirasakan.

"Peserta juga diminta serius untuk memanfaatkan waktu tersisa agar tidak memalukan daerah,"ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Agama Biro Bina Mental dan Kesra Sumbar, Karimis menyebut kafilah Sumbar berjumlah 81 orang terdiri dari 49 qori-qoriah ditambah pendamping, pelatih dan peninjau.

MTQ ke-27 yang berlangsung pada 4-13 Oktober itu, Sumbar berpartisipasi pada sembilan cabang perlombaan dan 17 golongan.

Setidaknya tujuh golongan diharapkan bisa menjadi pendulang medali kafilah Sumbar yaitu tilawah putra, tilawah putri, tahfiz 5 juz, tahfiz 10 juz, tahfiz 20 juz, tafsir bahasa Arab, tafsir bahasa Indonesia, dan sarhil putri.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumbar Hendri menyampaikan kafilah harus fokus untuk memaksimalkan potensi diri untuk meraih prestasi agar dapat mengharumkan nama Sumbar.

"Pembinaan dan pelatihan yang diberikan agar dapat dijadikan sebagai bahan untuk tampil maksimal pada MTQ,"ucapnya. (melati)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *