Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Pemprov Sumbar Sudah Kumpulkan 700 Kg Randang untuk Palu-Donggala

Wagub Nasrul Abit saat diwawancarai wartawan
Padang, fajarsumbar.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat telah mengumpulkan 700 kilogram (kg) randang untuk dikirimkan ke Sulawesi Tengah.

Olahan kuliner khas Minang ini nantinya akan disalurkan pada korban gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atau lembaga-lembaga kemanusiaan lainnya.

"Hari ini terkumpul 700 kg randang. Besok pagi disetor ke BNPB, dan kami koordinasi dengan maskapai Garuda, kapan bisa diangkut," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit usai melepas kontingen MTQ Nasional, Ahad (30/9) di Aula Kantor Gubernur.

Nasrul juga mengimbau masyarakat yang berniat menyumbang rendang untuk dititipkan di kantor BPBD Sumbar yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Kota Padang, atau tak jauh dari Kantor Gubernur Sumbar.

Targetnya sebanyak satu ton rendang bisa dikumpulkan untuk selanjutnya disalurkan kepada korban gempa dan tsunami. Selain rendang, Pemprov Sumbar juga menerima 'titipan' bantuan lainnya seperti baju layak pakai dan uang tunai.

Pemprov Sumbar dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumbar, kata Nasrul, akan mengirimkan bantuan berapa uang tunai yang akan diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Sulawei Tengah. Targetnya, bantuan sebesar Rp 500 juta bisa segera disalurkan dalam waktu dekat.

"Khusus randang, packing jangan lebihi 0,5 kg. Biar mudah membaginya ke keluarga korban. Begitu penerbangan bisa, langsung kami kirim. paling tidak tanggal 4 (Oktober)," ucapnya.

Pemprov Sumbar sendiri sampai saat ini belum memiliki data berapa jumlah perantau Minang yang ikut menjadi korban dalam bencana alam di Sulawesi Tengah. Nasrul mengaku hingga saat ini masih sulit untuk berkomunikasi dengan jajaran pejabat di Pemprov Sulteng.

"Kami kontak gubernur (Sulteng) tetapi belum dijawab. Istri beliau juga orang Pariaman," katanya.

Sebelumnya, Sumbar juga mengumpulkan rendang untuk disumbangkan kepada warga Lombok yang menjadi korban gempa. (Melati)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *