Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Pengusaha Lele Asap di Pasaman Hasilkan Ratusan Ton Per Minggu


Pasbar, fajarsumbar.com - Semakin sempitnya lapangan pekerjaan membuat Siwat pengusaha lele asap yang berlokasi di Ujung Tanah Jorong Batang Lingkin Nagari Aia Gadang Kecamatan Pasaman membuka lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri dan bagi tetangga-tetangganya.

Tidak tanggung-tanggung Siwat bisa menghasilkan lele asap ratusan kilo seminggu. Lele asap tersebut dijual ke masyarakat dan pemborong atau pedagang ikan kering.

"Kita sadari semakin hari lapangan pekerjaan semakin sempit. Kita sebagai warga negara harus bisa menyadari hal itu. Makanya saya membuat lele asap ini dengan dibantu oleh tetangga-tetangga saya," jelas Siwat memulai cerita.

Ia melanjutkan, Dia bisa menghasilkan lele asap dalam seminggu 600 kg. Lele asap tersebut setelah di masukkan ke dalam kemasan dijemput oleh pembeli ke rumah. Bagi masyarakat sekitar yang ingin memasak lele atau menjadikan lele asap sebagai oleh-oleh bisa dijemput ke rumah.

"Saya ingin lele asap asal Pasaman Barat ini dikenal oleh daerah luar. Tentu tidak bisa kita asal-asalan dalam membuat lele asap tersebut. Mana tahu ada yang membawa ke tempat keluarga sebagai oleh-oleh,"tandas Siwat.

Usaha lele asap Siwat tersebut berdiri semenjak 9 tahun yang lalu. Dengan dibantu tiga orang karyawannya Siwat sangat memperhatikan proses pembuatan lele asap. Apalagi, pembuatan lele asap tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Artinya ketelitian dalam proses membuat harus diperhatikan.

"Setelah lele dibersihkan kemudian dicuci dengan air hingga proses pengasapan harus benar-benar dilakukan dengan sempurna kalau mau hasil lele asap yang baik," urai Siwat.

Sementara itu, modal untuk pembuatan lele asap tersebut 1 kg lele yang masih segar dibeli dengan harga Rp20-22 ribu. Setelah kering dijual dengan harga Rp80 ribu sampai Rp100 ribu.

"Kadang saya membeli lele yang dijual oleh masyarakat, kalau mereka mengantarkan ke rumah,"urai Siwat.(andrizal)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *