Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

PKK Punya Peran Penting Tunjang Kinerja Pemkab Tanah Datar


Tanah Datar, fajarsumbar.com - Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tanah Datar merupakan mitra kerja pemerintah yang menjadi ujung tombak dalam pembangunan serta memberdayakan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi saat membuka secara resmi acara gebyar Kader PKK tingkat Kabupaten Tanah Datar yang dilaksanakan di Gedung Nasional Maharajo Dirajo, Batusangkar, Rabu (19/9).

“PKK sebagai organisasi yang berhubungan langsung dengan keluarga, memiliki peran penting dalam membina anggota keluarga melalui para kadernya. Dari keluarga lah dapat lahir generasi penerus bangsa,” ujar Bupati.

Bupati menambahkan kegiatan Gebyar Kader PPK tersebut merupakan wadah untuk mempererat hubungan silaturahmi antar seluruh pengurus TP-PKK se Kabupaten Tanah Datar disamping memperkuat komitmen untuk selalu berupaya meningkatkan kualitas keluarga di Kabupaten Tanah Datar.

“Kegiatan ini hendaknya menjadi ajang untuk memupuk kebersamaan, bertukar informasi, menambah wawasan serta pengetahuan yang dapat memotivasi para kader mewujudkan keluarga sehat sejahtera,” ujarnya.

Dikesempatan itu pula Bupati menghimbau pihak terkait untuk selalu  mendukung program TP-PKK Kabupaten, TP-PKK Kecamatan maupun TP-PKK Nagari mengingat program kerja PKK membutuhkan anggaran dalam pelaksanaanya.

“Seperti diketahui anggaran PKK sangat terbatas untuk pelaksanaan program pembinaan keluarga. Terkait itu semua perlu adanya kerjasama semua pihak dalam membantu program kerja kader PKK dilapangan dengan mengangarkan dana dalam pelaksanaanya sehingga pemerintah terbantu mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” ujar Bupati.

Sebelumnya, Ketua TP-PKK Ny. Emi Irdinansyah mengatakan kegiatan Gebyar Kader tersebut adalah program tahunan yang akan diisi dengan berbagai bentuk kesenian terutama penampilan bakat antar kecamatan, untuk menunjukan bahwa kader PKK tidak hanya bisa menerapkan 10 program pokok PKK akan tetapi juga terampil dalam berkesenian.

Ny. Emi Irdinansyah pun menambahkan bahwa 10 program pokok PKK terwujud karena bantuan dari pemerintah serta dinas terkait yang selalu berupaya membantu namun belum masksimal dan berharap didukung penuh dalam pelaksanaan kegiatan PKK kedepannya.

“Kami sangat berharap agar kegiatan PKK berjalan secara berkesinambungan, untuk itu perlu adanya bantuan secara optimal dari pemerintah maupun dinas terkait untuk mendukung kinerja kader PKK dilapangan,” ujarnya.

Ny. Emi Irdinansyah menginformasikan bahwa selama berkegiatan PKK Tanah Datar baik PKK Nagari, Kecamatan sampai Kabupaten selalu mendapatkan prestasi dalam penilaian diantara penilaian gerakan 10 program pokok PKK tahun 2017 dan 2018.

“Prsetasi terus kita ciptakan selama ini, sebagai salah satau contoh PKK Tanah Datar sudah dua kali menjadi juara umum  ditahun 2016 dan 2018, mudah-mudahan prestasi ini akan terus dapat dipertahankan, selain itu Tanah Datar direncanakan menjadi tuan rumah Jambore Tingkat Propinsi Sumatera Barat tahun 2019,” ujarnya.

Turut hadir pada kesempatan itu Kepala OPD, Kepala BUMN/BUMD se Kabupaten Tanah Datar, Camat, Ketua Gabungan Organisasi Wanita Tanah Datar Ny. Retri Zuldafri Darma, Ketua Persit Tanah Datar, Ketua Bhayangkari Ny. Nila Bayu Aji, Bundo Kanduang serta tamu undangan lainnya. (rhd)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *