Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Ratusan Siswa SLTP se-Kota Padang Ikuti Olimpiade TIK

Kadisdik Padang Barlius foto bersama dengan panitia penyelenggara lomba Olimpiade TIK tingkat SLTP di SMP 8 Padang, Sabtu (29/9/2018).

Padang, fajarsumbar.com - Ratusan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasan Tsanawiyah (MTs) baik negeri maupun swasta se-Kota Padang ikuti lomba olimpiade Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) yang diadakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) TIK SLTP Kota Padang. Kegiatan itu dilaksanakan di SMP 8, Sabtu (29/9).

Kegiatan yang sudah kedua kali diadakan dan merupakan agenda tahunan MGMP TIK tersebut,memperebutkan tropi, piagam dan tabanas dengan total hadiah Rp5 juta. Perlombaan yang bertemakan "Melalui Olimpiade TIK Kita Wujudkan Siswa yang Kreatif, Inovatif dan Cerdas Berteknologi" tersebut diikuti 344 siswa.

Adapun cabang lomba yang diadakan, mengetik cepat, presentasi dan poster. Pada cabang lomba mengetik cepat mengguna microsoft word pesertanya 162 orang, presentasi dengan microsoft powerpoint diikuti 66 siswa dan membuat poster menggunakan softwear coreldraw dengan peserta 116 orang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Barlius saat membuka olimpiade tersebut menyambut baik inovasi yang dilakukan MGMP TIK SMP Padang tersebut. Sebab dengan adanya kegiatan itu dapat memacu siswa untuk lebih kreatif, inovatif dan cerdas teknologi. "Jangan ada lagi image generasi muda ini selalu berharap jadi pegawai negeri. Jika mampu menciptakan inovasi, maka bisa menjadi wiraswasta yang hebat," tambahnya.

Menurutnya, Olimpiade TIK tersebut salah satu langkah untuk mendorong siswa memperdalam ilmu teknologi dengan menciptakan inovasi dan aplikasi, sehingga bisa dimanfaatkan. Adanya kegiatan tersebut juga mendorong siswa untuk menggunakan internet yang positif. "Mari berlomba menciptakan inovasi dan aplikasi, sebab bila siswa mampu menciptakan satu aplikasi dan dapat dimanfaatkan, otomatis bisa kaya raya," tambahnya.

Barlius mencontohkan, aplikasi Go-Jek hasil ciptaan generasi muda anak Bangsa Indonesia tersebut kini sudah merambah ke negara Vietnam dan Thailand. Dengan adanya aplikasi itu yang sudah digunakan puluhan kota di Indonesia itu sangat mempermudah warga untuk menggunakan alat ransportasi cukup klik aplikasi di hand phone.

Peserta serius mengikuti lomba.
"Jadi saya berharap kepada pelajar SLTP ini bisa pula menciptakan inovasi dan aplikasi yang bisa dimanfaatkan, sebab teknologi ini sangat banyak manfaatnya dan mempermudah kinerja. Begitu juga di lingkungan pemerintahan. Di Pemko Padang saja ada 9 aplikasi dimanfaatkan seiiring perkembangan tekhnologi. Salah satu langkah menciptakan inovasi dan aplikasi teknologi itu adalah olimpiade TIK ini," tambahnya.

Sementara itu, Koordinator MGMP TIK SMP yang juga kepala SMP 28 Padang, Arman menyebutkan, kegiatan itu salah satu langkah mendorong siswa agar terus berinovasi seiring dengan perkembangan tekhnologi saat ini. "Kami berharap dengan adanya Olimpiade TIK antar siswa SLTP ini bisa mendorong mereka memanfaatkan tekhnologi dan menggunakan internet yang positif," tambahnya.

Ketua pelaksana kegiatan, Alfarisdon menyebutkan, jumlah peserta yang mengikuti Olimpiade TIK tersebut sebanyak 344 orang. Mereka berasal dari siswa SMP dan MTs baik negeri maupun swasta. Kegiatan itu sudah yang kedua kali diadakan MGMP TIK SMP dan menurut rencana tahun depan akan diselenggarakan lebih meriah lagi dengan melibatkan jumlah peser lebih banyak pula.

"Insya Allah jika Olimpiade TIK ini sukses tahun ini, tahun depan kami akan mengadakan lebih meriah lagi dengan hadiah tentunya lebih besar pula dengan melibatkan jumlah peserta lebih banyak. Rencananya akan diadakan tingkat Sumbar. Hal ini untuk mendorong siswa lebih kreatif dan berinovatif," tambannya seraya menyebutkan, Olimpiade TIK tersebut juga mendukung program Dinas Pendidikan Kota Padang.(andri)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *