Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Ratusan Tenaga Honorer di Sumbar, Minta Penerimaan CPNS 2018 Dihentikan


Padang, fajarsumbar.com - Ratusan tenaga honorer di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) menyampaikan aspirasi ke Kantor Gubernur, di Jalan Sudirman, Padang, Senin (24/9).

Mereka menuntut berbagai persoalan yang muncul terkait penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari umum tahun 2018.

Ketua Guru Honorer Kota Padang
Zalfitra menyebutkan, tenaga honorer di Sumbar meminta agar gubenur menyampaikan ke pusat untuk mengangkat honorer menjadi PNS tanpa membatasi umur dan tanpa tes. Sebab tenaga honorer sudah mengabdi puluhan tahun.

"Kami sudah puluhan tahun menjadi honorer. Gaji sebulan hanya Rp300 ribuan," kata guru SDN 01 Tanmalaka, Padang.

Selain itu, meminta penerimaan CPNS 2018 dihentikan. Karena persoalan tenaga honorer Kategori II belum selesai.

Di sisi lain, mereka juga mendesak DPR RI untuk segera mensahkan revisi Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, sebagai landasan hukum pengangkatan honorer se Indonesia.

"Usia kami semua sudah senja, telah lewat dari 35 tahun. Tentu tidak bisa mengikuti CPNS. Penerimaan CPNS, akan membumianguskan kami. Silahkan buka, tapi tuntaskan persoalan ini dahulu,"tuturnya.

Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, bahwa pihaknya akan menyampaikan ke pusat terkait aspirasi tenaga honorer tersebut. Selain itu, akan segera melakukan rapat koordinasi (Rakor) dengan bupati dan wali kota terkait gaji yang pas untuk tenaga honorer.

"Kami akan meminta kepala daerah untuk mengaji tenaga honorer dengan upah minimum regional (UMR) masing-masing,"katanya.

Tambah Wagub, pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk mengangkat tenaga honorer menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Sebab kewenangan tersebut ada di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB).

"Soal pengangkatan PNS itu ada dipusat. Kami tak memiliki kewenangan akan hal itu,"ucapnya. (melati)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *