Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Semangati Siswa SMK Penerbangan Nusantara, Leonardy Dukung Pengembangan SPN Ketaping


Ketaping, fajarsumbar.com - Taruna-Taruni SMK Penerbangan Nusantara (SPN) dilepas untuk mengikuti prakerin. Pada upacara di pagi Kamis, 27 September 2018, sebanyak 184 Taruna/i diberi motivasi khusus oleh Anggota DPD RI-MPR RI H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro.Basa, S.IP, MH.

Leonardy di hadapan keluarga besar SPN, orang tua Taruna-taruni dan tokoh masyarakat setempat mengimbau para Taruna-taruni untuk mensyukuri perkembangan sekolah mereka dan bagaina Kepala Sekolah dan para guru di sini selama 10 tahun mampu menghadirkan sekolah yang lulusannya dibutuhkan oleh dunia kerja.

"Kemajuan SPN patut diacungi jempol. Secara akademis berkembang dan menyiapkan lulusannya mudah mendapatkan kerja. Secara fisik pun terlihat jelas perjuangannya memajukan sekolah. Ini harus kita dukung," tegas Anggota Komite III DPD RI itu.

Leonardy menyatakan maksud-maksud baik akan didukung. Dia akan melakukan upaya-upaya agar SPN bisa bekerjasama dengan Lanud Sutan Syahrir.

Dengan kerjasama tersebut, SPN diuntungkan dengan fasilitas di Lanud Tabing. Taruna bisa menjadikannya tempat magang di lingkungan sekolah. Sebaliknya Lanud Sutan Syahrir diuntungkan dengan bagi laba dari lembaga pendidikan yang telah didukungnya sejak awal hingga kini itu.

Terkait rencana pengembangan hanggar dan pembangunan masjid di lingkungan sekolah, Ketua DPRD Sumbar periode 2004-2009 itu juga menyatakan dukungannya. Bersama pihak sekolah akan diupayakan untuk mendapatkan pesawat yang tak layak terbang untuk keperluan peraga edukasi di sana.

Menurut Leonardy, "Bersama pihak sekolah bakal diusahakan pesawat itu apakah meminjam namanya, diberi oleh maskapai berupa hibah atau bentuk-bentuk lain yang sesuai aturan berlaku sehingga bisa diutak-atik seperti pesawat ringan yang ada di halaman sekolah itu."

Dia juga berharap para Taruna/i SPN Ketaping untuk berkontribusi penuh bagi pengembangan sekolah mereka ke depan. Sekolah mereka layak menjadi salah satu aset wisata dirgantara di Sumbar.

Taruna dan taruni yang bakal praktek kerja industri diharapkannya tetap menjaga kesantunan, disiplin, keterampilannya dalam bekerja dan meningkatkan kemampuan komunikasi. Dengan bekal itu, taruna/i berkesempatan besar berkiprah di tempatnya magang. Dipanggil kerja saat lulus nanti.

Kepala SPN Makmur T, M.Pd mengapresiasi dukungan Senator Sumbar H. Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP, MH itu. Dia serasa tak sabar lagi untuk datang ke Jakarta ke.kantor maskapai udara mengurus pesawat yang bisa dijadikan untuk praktek bagi Taruna-taruni di sekolah yang dia pimpin

Dikatakannya saat ini mereka melepas 184 orang untuk ikut prakerin di 10 perusahaan/industri penerbangan. Diantaranya Garuda Maintenance Facility (GMF) Jakarta, LM GMF Bandung, LM GMF Pekanbaru, Merpati Maintenance Facility Surabaya, Lion Air Maintenance Surabaya, LM Sriwijaya Air Jakarta, Indo Pelita Pondok Cabe, Bandung Pilot Akademi, Polisi Udara Pondok Cabe Jakarta, PT JAS Engineering Surabaya.

Mereka terbagi untuk II Air Frame Powerplant sebanyak 106 Taruna/i. Sedangkan untuk II Avionic Electric diikuti 78 Taruna/i.

Diungkapkannya berkat praktek terukur dan sistem pembelajaran  yang dilaksanakan ada alumni masuk sekolah Tinggi Penerbangan Curup. "Empat terbaik berasal dari SPN Ketaping," ungkapnya disambut tepuk meriah hadirin.

SPN juga jadi SMK terbaik di Sumbar. UN tertinggi diantara SMK.di Sumbar. Peminatnya dari Sumut, Riau, Jambi dan Bengkulu.

Kadislog Lanud Sutan Syahrir, Letkol Muharram mengingatkan para Taruna-Taruni untuk memanfaatkan momen ini sebaik-baiknya. Mereka juga diingatkan untuk menjaga diri dan kedisiplinan selama di tempat magang. Jaga nama baik sekolah dan daerah.

"Tolong tunjukkan kemampuan kalian. Jaga nama baik sekolah dan daerah. Selamat melaksanakan kerja praktek," ujarnya.

Asril Jeber, pengawas pembina SPN menilai tokoh sekaliber H. Leonardy Harmainy dapat berperan besar dalam mendukung upaya menyukseskan program-program sekolah. Dia optimis sumando Rang Piaman itu bisa.berperan banyak dalam memuluskan datangnya pesawat untuk alat praktek siswa.

Alwis Walinagari Ketaping pun bertekad memberikan dukungan semampu yang dia bisa. (*)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *