Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Semarakkan Germas di Pasbar, Wujudkan Kesehatan Masyarakat

 Yun Syahiran ikut senam bersama dengan masyarakat Kinali dalam kampanye Germas. (Andrizal)

Pasbar, fajarsumbar.com - Bupati Pasaman Barat Syahiran meminta masyarakat agar menghidupkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Kampanye Germas harus dimulai dari diri sendiri sehingga bisa mewujudkan kesehatan bagi masyarakat Pasbar. Namun, hal yang lebih penting awal mula Germas justru digalakkan oleh Ketua PKK Pasbar Yun Syahiran dengan tidak menyediakan asbak di dalam rumah.

Hal ini terungkap ketika kampanye Germas, Rabu (5/9) di Jorong Limau Puruik Nagari Kinali Kecamatan Kinali yang dimotori oleh Dinas Kesehatan Pasbar yang bekerja sama dengan dinas kesehatan Provinsi Sumbar.


Syahiran menilai kampanye Germas tidak bisa dilakukan hanya oleh pemerintah saja. Namun, harus berbarengan dan didukung oleh masyarakat. Karena selama ini perhatian pemerintah terhadap kesehatan masyarakat sudah cukup tinggi.

"Kampanye Germas selama ini sudah kita mulai dengan melakukan berbagai kegiatan. Belum lama ini kita baru saja melakukan senam massal Rekor Muri yang dimotori oleh TNI di halaman kantor bupati. Itu merupakan salah satu upaya kita dalam mewujudkan Germas. Karena Germas meminta gerakan fisik setiap hari, makanan buah dan sayur serta hidup sehat lainnya,"tandas Syahiran.

Selain itu, kehidupan yang dijalani saat ini oleh generasi sudah berbeda. Lebih banyak menonton TV dan main games di ruangan.

"Makanya, kehidupan di luar rumah dengan melakukan gerakan fisik setiap hari perlu dilakukan,"pinta Syahiran.

Ketua PKK Pasbar Yun Syahiran meminta kepada pemerintah agar melakukan kampanye selain Germas, seperti kampanye gemar memakan ikan. Banyak gerakan hidup sehat yang masih perlu perhatian semua pihak.

"Kampanye gemar memakan ikan perlu juga kita lakukan sosialisasi seperti Germas ini. Karena dengan membiasakan hidup mengkonsumsi ikan akan membuat kehidupan ke depannya lebih baik, salah satunya dalam pembentukan sel otak atau membuat kita cedas,"jelas Yun Syahiran.

Sebagai ketua PKK di Kabupaten Pasbar dan sebagai seorang ibu pola hidup sehat atau kampanye Germas memang harus dipahami oleh ibu-ibu. Gerakan Germas salah satunya jangan sediakan asbak rokok di dalam rumah.

"Secara otomatis tamu kita akan segan merokok kalau asbak rokok tidak ada di atas meja,"kata Yun Syahiran.

Dukungan gerakan Germas juga datang dari Ketua DPRD Pasbar Daliyus K. Sebagai masyarakat apa yang dilakukan oleh Pemda tentang gerakan hidup sehat sudah benar.

Sebab, kesehatan di mulai dari diri sendiri, sebagai warga Pasbar apa yang dialami saat ini dengan badan yang gemuk sebenarnya sudah tidak sehat.

"Biarlah gemuk ini hanya saya saja. Karena ketika kita menerapkan pola hidup sehat secara otomatis kita juga menerapkan makanan yang sehat seperti kampanye Germas yang dilakukan hari ini. Dengan rutin melakukan aktifitas fisik setiap hari, rutin makan buah dan sayur,"jelas Daliyus K. (andrizal)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *