Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

SMP Negeri 4 Talamau, Pasbar Memprihatinkan


Pasbar, fajarsumbar.com - Berada di daerah terpinggir Kabupaten Pasaman Barat SMP Negeri 4 Talamau butuh perhatian khusus. Karena jumlah siswa dan sarana di sekolah itu masih minim, sehingga mereka harus berjuang untuk setara dengan sekolah lain.

Usaha pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dasar,  seperti pendidikan di Pasaman Barat sudah maksimal. Dibuktikan dengan tersedianya sekolah tingkat SMP meski berada di daerah terpinggir sekalipun.

SMP Negeri 4  yang terletak di Jorong Tombang Nagari Sinuruik hanya memiliki 45 siswa. Namun, seluruh kegiataan belajar mengajar di sekolah itu tetap berjalan dengan kondisi apa adanya setiap hari.

Salah seorang guru, Ani  mengaku secara teknis proses PBM mereka berjalan setiap hari. Namun saat cuaca buruk atau hujan banyak guru mereka tidak bisa datang akibat jarak yang sangat jauh menuju sekolah atau akibat banjir di sejumlah aliran sungai.

"Akibat keterbatasan sarana dan informasi guru harus memaksimalkan sarana yang ada untuk PBM. Bahkan guru harus mencatatkan dan mengulang materi berulang kali agar siswa bisa faham. Selain itu, guru juga harus mengajar beberapa mata pelajaran agar bisa memenuhi kebutuhan PBM,"tandas Ani.

Sementara itu, salah seorang siswa Atik Nestika mengaku tetap semangat belajar meski di kelasnya hanya terdapat 4  orang siswa. Mereka tidak merasa risih atau sedih demi menggapai cita-citanya menjadi seorang polwan.
"Saya tetap semangat walaupun jumlah siswa sedikit. Karena pada intinya menuntut ilmu itu bukan didasarkan pada teman. Namun, kepada niat dan semangat,"kata Atik Nestika.

Selain di sekolah induk, SMP Negeri 4 Talamau juga memiliki lokal jauh di kampung Bateh Samuik. Lokal jauh itu bertujuan  untuk memfasilitasi kebutuhan pendidikan anak di sekitar Bateh Samuik, karena jarak dan jalan menuju  sekolah induk sangat jauh.(andrizal)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *