Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Sukseskan Pemilu 2019, Kapolda Gandeng Tungku Tigo Sajarangan


Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Fakhrizal, Wakapolda, Brigjen Pol. Damisnur foto bersama tungku tigo sajarangan, dalam silaturahim di Mapolda Sumbar, Selasa (4/9).

Padang, fajarsumbar.com - Menyukseskan Pemilu 2019, Kapolda Sumbar dan jajaran menggelar silaturahim bersama Tungku Tigo Sajarangan. Pertemuan di Aula Mapolda itu diikuti, MUI, LKAAM,Tarbiyah, Bundo Kanduang, Cerdik Pandai dan Ormas Islam lainnya.

Silaturahim yang digelar Selasa (4/9) tersebut digagas oleh Kapolda Irjen Pol. Fakhrizal, Wakapolda, Brigjen Pol. Damisnur AM serta pejabat utama.

Dalam pertemuan itu menghasilkan kesepakatan, di antaranya semua Ormas Islam, Ninik Mamak, Alim Ulama dan Cadiak Pandai, Bundo Kanduang Sumbar bertekad menyukseskan Pemilu 2019 dengan aman, damai dan badunsanak. Mengantisipasi dan tidak mempercayai berita bohong (hoax) serta menghindari fitnah dan hasutan.

Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Fakhrizal dalam pertemuan itu menyebutkan menjelang Pemilu 2019, situasi Sumbar masih kondusif dan mudah-mudahan kondisi itu dapat dipertahankan dan dijaga dengan baik. Peran Alim Ulama, Ninik Mamak dan Cadiak Pandai sangat penting dalam menjaga kamtibmas ini.

Dikatakan, masyarakat Minang yang terkenal adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah, punya raso jo pareso dan sangat tunduk pada aturan.

Begitu juga alim ulama, cerdik pandai yang bertugas sebagai pembina umat, suluah bendang dalam nagari dan memahami hak dan bathil. Cadiak pandai ahli dalam menyelesaikan masalah iika terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Kapolda menceritakan, saat ini tahapan Pemilu telah mulai dan sebentar lagi akan memasuki masa kampanye. Untuk itu diminta pada semua peserta Pemilu agar menjalankan program nasional, yakni hindari SARA dan politik uang.
Diharapkan juga agar dapat mengusung Pemilu aman, tertib, damai serta badunsanak.

"Tumbuhkan rasa badunsanak, hindari perpecahan antara kita, "ujar jenderal bintang dua itu.

Sementara, Ketua MUI Sumbar, Buya Gusrizal Gazahar menyikapi kondisi saat ini dengan tenang.

"Saya termasuk tidak cemas, orang Minang pandai melihat dan mendengarkan, bukan saja yang tersurat, tapi juga tersirat,"kata dia. Sebagai ulama, ia sangat mendukung kegiatan yang digelar Kapolda dan mudah-mudahan Kamtibmas di Sumbar tetap terjaga dengan baik.

Hal senada juga disampaikan Ketua LKAAM, Sayuti Dt Panghulu dan Ketua Bundo Kanduang, Hj. Raudhah Thaib. Menurut Raudhah, peran bundo kanduang dalam hal pembinaan nilai-nilai budaya dan adat isyiadat  pada anak kemenakan perlu ditingkatkan. "Peran lokal perlu ditingkatkan,"ujarnya.

Silaturahim itu juga diikuti, ketua Baznas Sumbar, sesepuh ulama, Buya Bagindo Letter dan Buya Masoed Abidin, Prof. Duski Samad serta undangan lainnya. (guspa)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *