Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Wabup Tanah Datar Hadiri Silaturrahmi Perantau Minang di Jakarta, Ini yang DIkatakannya

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Masyarakat Minang merupakan suku yang terkenal akan kebiasaannya merantau, begitu juga masyarakat Nagari Batu Basa Kecamatan Pariangan lakukan hal itu, bahkan banyak yang sudah berhasil di rantau orang.

Ini diungkapkan Wakil Bupati Zuldafri Darma saat menghadiri acara Silaturahmi Akbar Perantau Batu Basa Jakarta dan sekitarnya, Minggu (16/9/2018) di Gedung Serba Guna Paninggahan Jakarta Timur dihadapan tokoh masyarakat, Wali Nagari Batu Basa Jalinus dan undangan lainnya.

Wabup menambahkan, perantau Batu Basa mempunyai banyak potensi yang bisa dimanfaatkan untuk kemajuan kampung halaman maupun antara sesama di perantauan, seperti potensi sumber daya modal dan kecerdasan intelektual.

“Banyak perantau batu basa yang telah berhasil dalam berdagang, sehingga dalam segi finansial sudah sangat baik, serta banyak juga yang menjadi birokrat atau lainnya yang mempunyai akses ke berbagai lembaga pemerintahan yang bisa kita rangkul dan berdayakan untuk membangun kampung halaman kita,” sampainya.

Kemudian Wabup menyampaikan apresiasi dan kebanggaan terhadap pelaksanaan acara yang di prakarsai generasi muda diperantauan dengan dukungan pembina serta tokoh masyarakat Batu Basa.

“Di samping ajang silaturahmi, kegiatan ini bisa mendata keberadaan masyarakat asal Batu Basa di Jakarta dan sekitarnya, sehingga ke depan perantau bisa bersatu dan lebih kuat lagi,” ujarnya.

“Ka mudiak sahantak gala, ka hilia sarangkuah dayuang, sakato lahia jo batin, sasuai muluik jo hati (Ke mudik sehentak galah ke hilir serangkuh dayung, satu kata lahir dengan batin, sesuai mulut dengan hati), pepatah rang tuo kita ini hendak kita jadikan sebagai penyemangat, sehingga masyarakat Batu Basa di perantauan maupun di kampung halaman semakin kuat dan bersatu padu untuk membangun nagari,” ujar Zuldafri.

Di akhir penyampaiannya Wabup Zuldafri Darma berharap kegiatan silaturahmi menjadi agenda rutin sehingga bisa dijadikan sarana bertukar pikiran dan sharing informasi.

“Pemerintah Daerah, Pak Bupati dan Saya selaku Wakil Bupati selalu memberikan perhatian khusus kepada potensi perantau, baik tingkat jorong, nagari maupun Kabupaten yang kemudian diajak bersama membangun kampung halaman, Luhak Nan Tuo yang kita cintai,” tukasnya.

Sementara itu tokoh masyarakat Batu Basa Budiman Dt. Malano Garang menyampaikan terima kasih atas kedatangan Wabup memenuhi undangan.

“Alhamdulillah, pak Wabup hadir bersama kita di acara silaturahmi perantau Batu Basa terbesar yang pernah dilaksanakan, semoga menjadi motivasi bagi kami di masa datang untuk terus tingkatkan pelaksanaan kegiatan seperti ini,” katanya.

Lebih lanjut Budiman berharap kepada Pemda melalui Bupati ataupun Wakil Bupati untuk meningkatkan perhatiannya kepada Nagari Batu Basa, dengan meluncurkan berbagai program kegiatan pembangunan.

“Masyarakat Batu Basa sangat mendukung Visi dan Misi Tanah Datar yang kami rangkum dengan visi di nagari yakni masyarakat beriman, aman dan sejahtera. Salah satu langkah nyata dalam meningkatkan masyarakat beriman kita telah membuat program masjid pakai absen sidik jari dan Alhamdulillah menjadi masjid percontohan Kabupaten karena jemaahnya penuh setiap shalat jamaah lima waktu,” ungkapnya.

Selepas itu salah satu panitia dan tokoh pemuda perantau Japrisal menyampaikan, kegiatan silaturahmi ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi masyarakat perantau kita. “Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan kepada generasi muda di perantauan bahwa kita punya saudara sekampung di Jakarta ini, sehingga ke depan diharapkan tumbuh persaudaraan lebih kuat diantara kita,” sampainya.

Japrisal juga berharap, perantau Batu Basa untuk aktif hadir dalam berbagai kegiatan yang bersinggungan dengan Batu Basa.

“Ada 3 faktor dan cara untuk kita bisa berkumpul, yakni kematian, kenduri atau acara silaturahmi seperti hari ini, Saya harap kita orang tua selalu melibatkan anak kita, sehingga bisa timbul dan meningkatkan rasa kekerabatan antara kita semua,” harapnya.

Diakhir acara Ketua Ikatan Keluarga Besar Batu Basa Jakarta (IKBJ) Rasul Qarim menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak dan mohon maaf atas segala kekurangan pelaksanaan kegiatan ini.

“Semoga acara ini menjadi titik awal kebangkitan kita masyarakat Batu Basa, khususnya di perantauan untuk bersatu padu, saling membantu bahu membahu turut membangun kampung halaman, sehingga bisa lebih kuat dan sejahtera lagi di masa datang,” pungkasnya. (HMS/rehan)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *