Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

537 KK Nagari Aia Gadang Terkena Banjir Bandang

6
Pasbar, fajarsumbar.com - Dua Jorong di Nagari Aia Gadang Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat terdampak banjir yang terjadi beberapa waktu lalu yaitu Jorong Labuah Lurus dan Pasir Bintungan. Kedua kejorongan tersebut masih membutuhkan bantuan.

Menurut Walinagari Aia Gadang Junaidin kemarin (17/10) di posko penanganan bencana banjir, saat ini warganya masih membutuhkan bantuan berupa beras, pakaian, air bersih, dan serta tempat tinggal.

"Karena banyaknya rumah masyarakat yang rusak. ada lima rumah yang rusak parah memang tidak bisa ditempati lagi Kami berharap kepada pemerintah agar kelima unit rumah tersebut dibangun secepat mungkin. Jika tidak masyarakat yang memiliki rumah itu tidak tahu dimana harus tidur. Apalagi, saat ini musim hujan atau cuaca ekstrem,"jelas Junaidin.

Ia menambahkan, jumlah masyarakat yang terkena dampak banjir mencapai 537 KK. Sekarang ini, masyarakat tidak memiliki atau tidak bisa bekerja dulu mencari nafkah. Selain itu, kesehatan masyarakat juga sudah mulai terganggu.

"Selain masyarakat membutuhkan logistik berupa makanan. Kami juga butuh bantuan kesehatan. Beruntung Puskesmas Aia Gadang mendirikan dua posko kesehatan yakni di Jorong Pasir Bintungan dan Jorong Labuah Lurus,"jelas Junaidin.

Sampai saat ini, bantuan memang terus mengalir ke Nagari Aia Gadang. Ada dari pemerintah, Masyarakat, caleg, Kabupaten kota lainnya di Sumbar seperti Payakumbuh, mahasiswa.

"Karena Nagari Aia Gadang salah satu daerah yang cukup parah terkena banjir. Alhamdulillah perhatian dari saudara kita terus mengalir. Jumat kami akan membagikan semua bantuan tersebut,"jelas Junaidin.

Sementara itu, salah seorang staf kesehatan Puskesmas Aia Gadang Andri mengatakan petugas kesehatan stem by di kedua posko kesehatan. Masyarakat sudah mulai terkena penyakit akibat banjir seperti gatal-gatal, kurang darah, demam, batuk serta flu. (andrizal)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *