Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Antisipasi Kerawanan dan Konflik, Kapolda Sumbar Gelar Rapat Kordinasi Lintas Sektoral

Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Fakhrizal, Wagub, Nasrul Abit  foto bersama dengan Forkopimda, usai rapat kordinasi lintas sektoral di Mapolda, Rabu (24/10). (guspa caniago)

Padang, fajarsumbar.com - Menyamakan persepsi untuk kesuksesan Pemilu 2019, Kapolda Sumbar dan jajaran menggelar rapat kordinasi lintas sektoral (Forkopimda), Rabu (24/10).

Pertemuan di Aula Mapolda itu diikuti, Kapolda dan jajaran. Wakil Gubernur, Danrem 032/Wbr, Kajati, Ketua Pengadilan, Bupati, Walikota, KPU, Bawaslu,Kapolres dan para Dandim serta undangan lainnya.

Wakil Gubernur, Nasrul Abit usai kegiatan menyebutkan rapat kordinasi lintas sektoral pengamanan Pemilu itu dalam rangka penyamaan persepsi agar pelaksanaan Pemilu berjalan lancar dan sukses.

Semua komponen sepakat menyamakan persepsi agar pemilu berjalan dengan baik. "Kita tetap berkordinasi dan berkomunikasi, sehingga penyelengaaran pemilu dapat berjalan sebaik-baiknya,"ujar Nasrul.

Dikatakan, berdasarkan persentasi KPU dan Bawaslu kemungkinan potensi konflik itu ada. Untuk itu masing masing instansi berbagi tugas dalam pelaksanaan tugas, agar Pemilu berjalan dengan aman dan lancar.

Dalam rapat lintas sektoral itu, KPU dan Bawaslu mempersentasikan situasi dan kondisi wilayah Sumbar. Dari persentasi itu, ada kemungkinan terjadinya permasalahan dan konflik di tengah-tengah masyarakat.

Diceritakan, jika memang terjadi pelangaran, itu tugasnya Bawaslu menyelesaikan bersama Gakkumdu.
Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Fakhrizal dalam pertemuan itu menyebutkan menjelang Pemilu 2019, situasi Sumbar masih kondusif dan mudah-mudahan kondisi itu dapat dipertahankan dan dijaga dengan baik. Peran Forkopimda sangat penting dalam menyelenggaran dan kesuksesan Pemilu.

Saat ini tahapan Pemilu telah memasuki masa kampanye. Untuk itu diminta pada semua peserta Pemilu agar menjalankan program nasional, yakni hindari SARA dan politik uang.

Disebutkan, dalam rangka pengamanan pemilu, semua Forkopimda menyampaikan langkah-langkah dan masukan dalam pelaksanaan Pemilu damai dan badunsanak.

"Semua komponen memberikan masukan dan langkah-langkah untuk menyukseskan pemilu,"ujar Kapolda.
Untuk kerawanan dan konflik, Polda pertahap melakukan pemetaaan, mulai dari pendataan jumlah pemilih hingga pelantikan presiden dan wakil presiden.

"Semuanya sudah kita petakan. Begitu juga pengamanan logistik, semuanya tanggungjawab kepolisian dibantu TNI". (guspa)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *