Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Banjir Bandang Hantam Sungai Sariak, Rumah dan Puluhan HA Sawah Tertimbun Lumpur



Sungai Sariak, fajarsumbar.com - Puluhan hektare sawah dan beberapa unit rumah tertimbun akibat banjir bandang menghantam Korong Guguak, Nagari Lurah Ampalu, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Padang Pariaman, Senin (1/10/2018) malam.

Banjir bandang tersebut dipicu akibat hujan deras yang tidak henti-hentinya seharian dan memicu meluapkan aliran Sungai Batang Piaman. Sedikitnya sekitar 46 Ha sawah tertimbun lumpur lumpur dan pasir.

Selain itu dua jembatan terputus, menghubungkan wilayah tersebut terputus. Jembatan itu menghubungkan Korong Apa-Bungin dengan Komplex SMAN No. 2 Kecamatan VII Kotodan Jembatan yang menghubungkan Ampalu- Bungin-Buluah Kasok.

Camat VII Koto Sungai Sariak, Masrenfi Nur, Selasa (2/10/2018), menyebutkan, akibat banjir tersebut beberapa rumah warga di Korong Guguak tertimbun. Salah satu di antaranya tidak bisa dimanfaatkan lagi, seperti rumah Mansyurdin.

Sementara satu unit rumah tertimbun pasir atas milik Roti. Sementara itu, dua rumah kepunyaan Pik Iman dan Eli nyaris masuk sungai karena berada di pinggirnya.

Wali Nagari Lareh Nan Panjang Barat, Asrul Maiyulis menyebutkan,  empat Kepala Keluarga (KK) ini telah dievakuasi ke rumah sanak famili keluarga bersangkutan.

"Bantuan dari Sosial Dinas Sosial Padang Pariaman menyerahkan makanan kepada korban Longsor, dan Petugas Medis dari Puskesmas Ampalu juga telah turun untuk menangani tentang kesehatan mereka" ujarnya.(sa)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *