Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Banjir Landa Pasaman Barat

Pj Sekda Adrinaldi bersama Kabag Humas Yosmar Difia memantau kondisi banjir.

Pasbar, fajarsumbar.com - Hujan sejak kamis siang hingga tengah malam mengakibatkan banjir parah di beberapa lokasi.

Daerah terdampak yang cukup parah antara lain Ujung Gading- Lembah Melintang, Jambak- Luhak Nan Duo, Sungai Aur, Jalan Lintas Simpang Empat- Talu terputus longsor, Jembatan Batang Saman- Air Gadang yang melimpah, bahkan jembatan gantung (rambin/rajang) penghubung ke Dusun Lubuk Gobing- Silaping Ranah Batahan putus dan hanyut diterjang banjir.

Sementara hingga Jumat pagi cuaca di seputaran Simpang Empat dan sekitarnya masih gelap dan mulai hujann

Kepala Posko Palang Merah Indonesia (PMI) Pasaman Barat Ridawarsa menyampaikan, tidak hanya luapan air yang terjadi akibat curah hujan yang mengguyur, namun juga terjadi longsor di beberapa titik di Pasbar.

"Berdasarkan pantauan kita, banjir terjadi di banyak titik seperti di kecamatan Luhak Nan Duo tepatnya di Jambak, Sungai Talang, Kapar, dan Mahakarya. Kecamatan Pasaman di Batang Saman, Batang Biyu, Bandarjo, dab Jalan KKN. Kecamatan Lembah Melintang, Kecamantan Sungai Beremas, Kecamatan Talamau tepatnya di Kajai dan Mudik Simpang terkadi longsor," jelas Rida.

Banjir yang terjadi saat ini terjadi di daerah yang belum pernah terjadi banjir sebelumnya. Membuat warga banyak tidak siap dan tak mau mengungsi. Sehingga terpaksa pada malam hari harus dilakukan evakuasi karena air semakin tinggi.

"Saat ini kita dari tim PMI Pasbar bersama BPBD, SAR dan TNI polri melakukan evakuasi dan mengingatkan untuk mematikan arus listrik karena khawatir resiko konsleting atau kesetrum," tuturnya.

Pantauan PMI dampak yang terjadi kebanyakan rumah terendam sampai kedalaman Satu Meter. Sementara itu pementauan masih dilakukan di beberapa titik lainnya.

Ia menghimbau, agar masyarakat Pasbar khususnya yang berada di daerah rawan banjir dan longsor agar selalu waspada. (Andrizal)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *