Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Bank Dunia Dukung Indonesia Tingkatkan Ekspor


Jakarta, fajarsumbar.com -Bank Dunia mendukung Indonesia untuk meningkatkan ekspor. Cara itu dinilai bisa mengendalikan defisit transaksi berjalan (Current Account Deficit/CAD) yang tengah terjadi di Tanah Air.

“Jadi bagaimana agar sektor ekspor lebih diminati,” ujar Kepala Ekonom Bank Dunia untuk Indonesia Frederico Gil Sander di Jakarta, Kamis (4/10).

CAD Indonesia pada kuartal II tahun ini mencapai tiga persen. Hal itu di antaranya karena peningkatan impor yang signifikan.

Lebih lanjut, kata dia, pertumbuhan ekonomi Indonesia seharusnya tetap stabil. Hal itu didorong oleh naiknya investasi dan konsumsi swasta.

Bank Dunia memproyeksikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2018 dan 2019 sebesar 5,2 persen. Lalu pada 2020, diperkirakan naik menjadi 5,3 persen.

Frederico pun mengatakan, pelemahan kurs rupiah yang tengah terjadi sesuai dengan pergerakan pasar. Menurutnya, depresiasi rupiah kali ini dapat dimanfaatkan untuk menaikkan ekspor Indonesia.”Dengan begitu CAD bisa disesuaikan,” ujar Frederico. Ia menegaskan, pelemahan mata uang Garuda tersebut berbeda dengan 1997.(*)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *