Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Basril Basyar Raih Gelar Doktor

Dr. Basril Basyar

Padang, fajarsumbar.com - Basril Basyar yang juga Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) Persatuan Wartawan Indonesia  (PWI) Sumbar berhasil meraih gelar Doktor dalam bidang Ilmu Pertanian, setelah dinyatakan lulus dengan predikat A pada ujian tertutup yang digelar program studi Ilmu Pertanian, Senin (29/10/2018). Atas keberhasilan itu, mantan Ketua PWI Sumbar itu  berhak menyandang gelar doktor di depan namanya.

Gelar doktor itu diraih BB panggilan akrab Basril Basyar itu dengan judul penelitian Kebijakan Penyuluhan Pertanian Sub Sektor Peternakan sebagai pemacu tercapainya Swasembada Daging Sapi yang Berkelanjutan di Sumatera Barat.

Sidang tertutup ini dipimpin Prof Dr Nursyirwan MA sebagai promotor utama dibantu Prof James Hellyward MS dan Dr Asmawi MS sebaga co- promotor.

Tim penguji terdiri Prof Dr. Firwan Tan, Dr.Syafrimen Yasin MSc,MS dan DR.Jafri Nur.
Dalam ujian yang berlangsung hampir dua jam itu, Basril Basyar menjelaskan tentang hasil penelitiannya selama hampir 25 menit dan dilanjutkan dengan tanya jawab guna mempertahankan disertasinya di hadapan tim penguji.

Hampir semua tim penguji mempertanyakan tentang persoalan yang dibahas dalam disertasi tersebut, utamanya terkait dengan kebijakan punyuluhan di Sumatera Barat.Sekalian juga mengenai keampuhan penyuluh menyelesaikan masalah-masalah pertanian dan peternakan secara khusus.

Basril Basyar selain aktif di dunia kewartawan juga  mengajar di Universitas Andalas (Unand). Beberapa kali aktif mengikuti seminar nasional dan internasional. Seminggu yang lalu BB juga terbang ke Filiphina mengikuti seminar SAFE ( Sustainable Agriculture Food and Engginering).Sebelumnya juga ikut ke Malaysia dan Jepang.(*)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *