Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Biddokkes Polda Gelar Penyuluhan Penyakit Jantung Koroner


Padang, fajarsumbar.com -
Bidang Kedokteran Kesehatan (Biddokkes) Polda Sumbar menggelar sosialisasi dan penyuluhan kesehatan tentang penyakit jantung koroner dan stroke di Aula Lantai IV Gedung Mapolda, Selasa (2/10).

Penyuluhan tersebut diikuti sekitar 100 anggota, baik Polri, ASN dan anggota Bhayangkari Polda Sumbar dengan narasumber dr. Masrul Syafri, Sp. PD, Sp. Jp (K).

Dalam penyuluhannya, penyakit jantung loroner pada mulanya disebabkan penumpukan lemak pada dinding dalam pembuluh darah jantung (pembuluh koroner). Kemudian diikuti oleh berbagai proses seperti penimbunan jaringan ikat, perkapuran, pembekuan darah.

Semuanya akan mempersempit atau menyumbat pembuluh darah tersebut.
Dikatakan, enyempitan atau penyumbatan pembuluh koroner menyebabkan kematian dari otot-otot jantung.

Semakin cepat penyakit jantung koroner ditangani maka otot jantung yang diselamatkan makin banyak.

Gejala yang umum dirasakan yaitu nyeri dada atau ketidaknyamanan pada dada.Nyeri ini bisa menjalar ke leher, rahang, bahu, lengan sisi kiri, punggung dan ulu hati. Nyeri ini dapat disertai sesak nafas dan keringat dingin.

Jika gejala-gejala itu terjadi hendaknya segera mencari pertolongan ke rumah sakit secepatnya, ujar Masrul.

Penyakit jantung koroner bisa dicegah dengan cara menerapkan gaya hidup sehat, olahraga teratur, stop rokok, kurangi stress, kurangi makanan berlemak, perbanyak sayur dan buah.

Kabid Dokkes Polda Sumbar, Kombes Danang Pamudji menyebutkan penyuluhan ini sangat penting dilakukan untuk menghindari serangan jantung.

Dengan adanya penyuluhan itu, anggota Polri, ASN dan anggota Bhayangkari dapat mengenali gejala penyakit jantung dan bila salah satu gejala itu dirasakan.segera bawa ke rumah sakit, ujar Danang. (guspa)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *