Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Bupati Tanah Datar Terima Penghargaan Proklim dari Kementerian LHK

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi setelah menerima penghargaan dari Kementerian LHK

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) memberikan apresiasi Pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2018 kepada Pemkab Tanah Datar yang telah berkomitmen tinggi secara nyata membangun lingkungan hidup di daerahnya secara baik.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya yang diterima oleh Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, di Auditorium Manggala Wanabakti Kementrian LHK, Jakarta, Rabu (24/10) siang.


Proklim adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementrian LHK dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemerintah untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca. Memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan ditingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Selain Tanah Datar, beberapa Kepala Daerah di Sumatera Barat lainnya juga mendapatkan penghargaan yang sama, diantaranya Provinsi Sumbar, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Sijunjung, kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Limo Kota, Kota Padang Panjang, Kota Payakumbuh. Apresiasi juga diberikan kepada masyarakat yang memiliki integritas, kapasitas dan aksi nyata dalam upaya Proklim 2018.


Bupati Irdinansyah memberikan apresiasi atas penghargaan yang diberikan Kementrian LHK terkait dengan upaya yang telah dilakukan jajaran Pemkab Tanah Datar dan masyarakat terkait perhatian terhadap lingkungan hidup. 


”Penghargaan ini dapat menambah semangat kami didaerah untuk terus meningkatkan kebijakan-kebijakan dalam pengelolaan lingkungan hidup,” ucapnya. Pemkab bersama masyarakat, kata bupati, akan semaksimal mungkin terus mendukung proklim yang diagendakan oleh Kementrian LHK.

“Kita ini sebagai daerah yang mendukung kegiatan proklim yang diagendakan Kementerian LKH, kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk terus mendukung proklim ini. Inovasi teknis tentunya kami akan menyesuaikan program Kementerian LKH dan kami akan terus membuat inovasi terkait dengan permasalahan yang ada dengan proklim khususnya daerah Tanah Datar,” jelas Irdinansyah.

Sementara Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup diwakili  Kepala Bidang Pengelolaan Lingkungan, Januar Pempri mengatakan, Pemerintah Daerah Tanah Datar mendapatkan apresiasi karena memiliki sudah mendukung kegiatan Kementerian  LHK melalui program terpadu kampung iklim.


“Program tersebut tersebar di seluruh nagari di Tanah Datar  dan itu juga di anggarkan di APBD Tanah Datar dalam bentuk pembinaan lansung ke lapangan,” katanya.

Menurutnya, pada tahun ini pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan dalam rangka pengelolaan lingkungan, diantaranya sosialisasi program terpadu kampung iklim untuk lingkungan hidup di masing-masing nagari yang didukung dengan himbauan dan surat edaran oleh Bupati Tanah Datar.


Penyerahan penghargaan
Sebelumnya, Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI), Ruandha Agung katakan berdasarkan Peraturan Menteri LHK No. 84/MENLHK-SETJEN/KUM.1.11/2016, tentang Program Kampung Iklim. Kegiatan ProKlim telah ditetapkan sebagai program strategis gerakan nasional pengendalian perubahan iklim berbasis masyarakat.

“Pemberian penghargaan ini merupakan salah satu upaya memperkuat implementasi ProKlim, selain kegiatan pendampingan kepada Pemerintah Daerah dalam membangun kampung iklim”, ucap Ruandha.


Mendukung hal ini, Ditjen PPI telah menerbitkan Pedoman Pelaksanaan ProKlim melalui Peraturan Dirjen PPI No. P.1/PPI/SET/KUM.1/2/2017. (rhd)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *