Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Dana Desa Tiap Tahun Meningkat di Pasbar


Pasbar, fajarsumbar.com - Dana desa mewujudkan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Selain itu, dana desa terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Pasbar Syahiran, Kamis (4/10) di Simpang Tiga Ophir Yappas Convention Center dalam agenda  Bursa Inovasi Desa dengan tema mewujudkan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan penggunaaan dana desa yang lebih berkualitas, efektif dan efisien melalui kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang lebih Inovatif.

"Dana desa terus mengalami peningkatan sejak tahun 2015, melalui rujukan inovasi pembangunan desa serta merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan SDM, dan infrastruktur desa diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara antar nagari dan partisipatif,"jelas Syahiran.

Selain itu,  Syahiran menyampaikan dengan adanya program inovasi desa dapat mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan  dana desa agar lebih efektif dan efisien di pemerintahan nagari.

"Saya berharap semoga kegiatan Bursa inovasi desa akan membantu mewujudkan nagari-nagari di Pasbar untuk menjadi nagari yang lebih maju dan mandiri sehingga mampu memberikan kesejahteraan kepada masyarakat," tandas Syahiran.

Sementara itu, Kepala Dinas PMN Provinsi Sumbar Syafrizal mengatakan kegiatan bursa inovasi desa dipandang sebagai salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan  kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas.

"Kepada seluruh peserta, agar sungguh-sungguh mencermati berbagai kegiatan yang di tampilkan pada menu Bursa Inovasi Desa/Nagari. Selain itu diharapkan agar senantiasa dapat berkoordinasi dengan pendamping profesional dan OPD terkait. Ini sebagai jembatan menuju pemahaman yang lebih baik untuk kemajuan nagari yang ada di Kabupaten Pasaman Barat,"tandas Syafrizal.

Selain itu, kegiatan bursa inovasi desa dan lomba teknologi tepat guna bertujuan meningkatkan kualitas penggunaan dana desa melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa

"Dalam jangka menengah dengan mendorong produktifitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan serta membangun kapasitas desa yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat dan kemandirian desa,"ungkap Syafrizal.(Andrizal)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *