Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

MTQ ke-38 Tingkat Padang Lahirkan Qori dan Qoriah Handal

Memukul bedug tanda dibuka MTQ ke-38 tingkat Kota Padang
di Kecamatan Padang Timur, Kamis (25/10/2018) malam. (ist)

Padang, fajarsumbar.com - Kamis (25/10/2018) malam, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXXVIII tingkat Kota Padang resmi dibuka Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit di plataran parkir Masjid Baitul Haadi, Kecamatan Padang Timur. MTQ itu akan melahirkan qori dan qoriah yang handal yang dipersiapkan untuk MTQ Nasional tingkat provinsi.

Pembukaan itu ditandai dengan pemukulan bedug bersama Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah dan para unsur Forkopimda dan lainnya.

"Padang adalah barometer Sumbar untuk prestasi dan penyelenggaraannya. Hal itu sudah terbukti. Padang selalu juara umum dan semarak pada setiap MTQ, mulai dari kecamatan sampai tingkat kota," kata Wagub Sumbar, Nasrul Abit saat membuka iven yang diselenggarakan sekali dua tahun tersebut.

Wagub berharap, dari ajang ini akan lahir qori dan qoriah yang dapat diandalkan mendulang prestasi, sekaligus mendongkrak rangking Sumbar pada MTQ tingkat nasional. Mengingat pada MTQ Nasional di Medan beberapa waktu lalu, prestasi Sumbar  terjun bebas ke ranking 14 dari  sebelumnya di posisi ketujuh.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah menekankan, MTQ bukan sekadar lomba melainkan untuk mendekatkan umat kepada nilai-nilai agama. Di sisi lain juga menumbuhkan rasa persatuan sesama qori dan semua unsur yang terlibat serta guna mengembangkan syiar Islam.

"Selain lomba, MTQ ini adalah ajang untuk memperkuat keimanan dan rasa cinta terhadap kitab suci dan agama sekaligus memperkuat persatuan dan mengembangkan syiar Islam," kata kepala daerah yang juga seorang ulama ini.

Sementara itu, Camat Padang Timur Ances Kurniawan mengatakan, penyelenggaraan MTQ ini tidak mungkin terlaksana tanpa keterlibatan berbagai elemen. Terutama tokoh-tokoh masyarakat yang banyak membantu, baik secara materi maupun pemikiran. "Semua ini berkat keterlibatan semua elemen, terutama para tokoh masyarakat Padang Timur," sebut Ances.

Ia mengucapkan terimakasihn kepada tokoh masyarakat setempat yang sangat membantu terselenggaranya perhelatan besar itu. Diantara tokoh yang telah banyak membantu adalah H. Herman Nawas dan Budi Sengaja Syukur. Kedua tokoh ini langsung terlibat sebagai panitia dan berkomitmen pula memberikan bonus bagi pemenang nantinya.

Ketua panitia pelaksana, Budi S. Syukur mengungkapkan, selaku tuan rumah pihaknya berusaha memberikan yang terbaik. Akomodasi kontingen dipilihkan tempat-tempat yang nyaman di rumah warga di sekitar lokasi MTQ. Begitu juga untuk konsumsi dipersiapkan secara optimal.(andri)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *