Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

MTQ Nasional ke-38 Tingkat Kota Padang Ditabuh

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah menyerahkan piala bergilir kepada ketua pelaksana MTQ Nasional ke-38 tingkat Kota Padang, Budi Syukur yang disaksikan Camat Padang Timur Ances Kurniawan. 
Padang, fajarsumbar.com - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-38 tingkat Kota Padang adalah ajang mengasah dan mencari bakat generasi muda untuk menjadi Qori dan Qoriah terbaik. Sehingga nantinya dapat mewakili Sumatera Barat pada tingkat nasional.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, ajang tersebut merupakan sebuah upaya untuk mencari dan mengasah bakat generasi muda agar menjadi Qori dan Qoriah berprestasi.

“Untuk itu, saya sangat mengapresiasi adanya MTQ Nasional Tingkat Kota Padang ini. Apalagi, cara penyelengaraan hampir menyamai MTQ tingkat Nasional,” ujarnya saat membuka kegiatan MTQ Nasional Tingkat Kota Padang yang ke-38 di Masjid Baitul Hadi, Aur Duri Indah, Padang Timur, Kamis malam (25/8).

Ditambahkannya, untuk tahun 2020 Sumbar akan menjadi tuan rumah MTQ Nasional, tentunya sebagai tuan rumah Sumbar dapat mampu memperoleh pencapain terbaik sebagai tuan rumah dan sebagai peserta MTQ Nasional.

“Beberapa waktu lalu kita baru selesai mengikuti MTQ Nasional di Sumatra Utara, dan Sumbar menempati posisi 14 besar. Untuk itu kita ingin Qori dan Qoriah terbaik yang nantinya juga akan membawa nama baik Sumbar,” ungkapnya.

Sambungnya, dengan waktu yang singkat menjelang MTQ Nasional tahun 2020. Sumbar dari sekarang akan mulai m
encari dan mengasah pembinaan kepada Qori dan Qoriah.

“Maka kita harapkan dari MTQ tingkat Kota Padang dan Maret 2019 kita juga akan menggelar MTQ tingkat Sumbar yang akan diselenggarakan di Kota Solok. Dapat menemukan Qori dan Qoriah terbaik nantinya,” ulasnya.

Turut hadir dalam pembukaan, Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, Ketua Pelaksana, S. Budi Syukur, Tokoh Masyarakat Padang Timur, Herman Nawas, Camat dan Lurah se-Kota Padang serta masyarakat setempat.
Menabuh bedug tanda dibuka MTQ ke-38 tingkat Kota Padang,
Kamis (25/10/2018) Malam.

Sementara itu, Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengajak seluruh elemen masyarakat Kota Padang agar menyukseskan MTQ tersebut. “Saya harap harap MTQ ke-38 ini sukses, dan mencetak qori dan qoriah terbaik di Kota Padang yang bakal dipersiapkan untuk tingkat provinsi nantinya,” tambahnya.

Sedangkan Ketua Pelaksana MTQ Nasional tingkat Kota Padang, Budi Syukur menyebutkan, dari pantauan ke beberapa lokasi tempat diselenggarakan MTQ ini pada hari pertama, berjalan dengan lancar baik itu secara teknis maupun perlengkapan. “Kita telah ngecek langsung ke lima tempat penyelenggaraan MTQ Nasional dibeberapa tempat dari pantauan kita sangat lancar,” ulasnya.

Sambungnya, dalam MTQ tahun ini ada sekitar 543 kafilah dari 11 kecamatan di Padang yang ambil bagian dalam kegiatan itu. Untuk cabang ada sembilan yang cabang yang diperlombakan dengan 25 golongan.

Untuk tempat pelaksanaan sudah ada 11 lokasi yang dijadikan tempat pertandingan yaitu Masjid Baitul Hadi Parak Gadang Timur untuk pertandingan tilawah dewasa dan qiraat sabah, Masjid Darul Jamik Marapalam pertandingan tilawah anak-anak dan remaja, Masjid Nur Rahman Parak Gadang Timur pertandingan tartil menengah dan umum, Masjid Raya Andalas pertandingan tafsir bahasa arab dan kita standar.

Kemudian Masjid Baitur Rahman Jati Baru pertandingan Tahfiz 1 dan 5 jus non tilawah, Masjid Al Hidayah Sawahan Timur pertandingan tilawah tk dan tartil dasar, Masjid Mujahirin Gantiang Parak Gadang pertandingan MSQ dan khutbah Jumaat, RRI Padang pertandingan fahmil quran dan MFQ, Masjid Nurul Amin Simpang Haru pertandingan tafsir bahasa Inggris dan Indonesia, SMP Budi Mulia Simpang Haru pertandingan khatil Quran/M2IQ dan Masjid Baitul Jihad Kubu Dalam Parak Karakah pertandingan tahfiz 1 dan 5 juz tilawah.

MTQ Nasional Kota Padang ini diselenggarakan dari 25 hingga 28 Oktober 2018. “Kita berharap MTQ Nasional tingkat Kota Padang ini melahirkan Qori dan Qoriah masa depan Sumbar,” pungkasnya. (*)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *