Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

OJK Dorong Kemajuan Teknologi Keuangan Digital


Padang, fajarsumbar.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong kemajuan teknologi keuangan digital. Hal itu diharapkan dapat memperluas akses keuangan masyarakat dan mendukung pembangunan perekonomian nasional.

“OJK memandang layanan jasa keuangan yang inovatif, cepat, mudah, dan luas bagi masyarakat di wilayah Sumatera penting, itu bisa dilakukan melalui pengembangan teknologi keuangan digital,” kata Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida saat Konferensi Pers terkait
Sosialisasi Peraturan OJK No.13/POJK.02/2018 tentang Inovasi Keuangan Digital di Sektor Keuangan, Jumat (5/10) di Hotel Mercure.

Pengembangan teknologi keuangan digital di wilayah Sumatera, kata Nurhaida diharapkan mampu menerobos hambatan pengembangan ekonomi pelaku usaha skala kecil. Tak hanya itu mempermudah dan mempercepat akses permodalan, serta menurunkan biaya layanan keuangan di masyarakat.

Menurutnya, Peraturan OJK tentang Inovasi Keuangan Digital bertujuan memberikan kepastian hukum bagi para inovator keuangan yang berbasis teknologi, sehingga akan menumbuhkembangkan inovasi pada industri jasa keuangan.

"Peraturan OJK 13/2018 ini berfungsi sebagai payung hukum Inovasi Keuangan Digital secara menyeluruh yang antara lain mencakup insurtech, crowdfunding, serta penyelesaian transaksi dan pengelolaan investasi secara digital,"tuturnya.

OJK juga mengarahkan agar inovasi keuangan digital diawasi dengan prinsip market conduct, yang pelaksanaannya bekerja sama dengan asosiasi fintech yang diakui oleh OJK.

Nurhaida menyebut, dalam pelaksanaan market conduct, OJK membuat pendekatan baru yaitu principle based regulation dan activity based licensing, yang berarti OJK hanya membuat garis besar pengaturan (principles) saja. Sementara terjemahan dari pengaturan ini akan dibuat oleh para pelaku industri.

OJK juga menerapkan prinsip prinovasi melalui penerapan regulatory sandbox, yang merupakan mekanisme pengujian oleh Otoritas Jasa Keuangan untuk menilai keandalan proses bisnis, model bisnis, instrumen keuangan, dan tata kelola penyelenggara.  (melati)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *