Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Padang Pariaman Peringati Hari Santri, Ini Pesan Ali Mukhni


Parit Malintang, fajarsumbar.com - Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni bertindak sebagai Pembina Upacara Hari Santri Nasional ke III tahun 2018 di Halaman Kantor Bupati, Parik Malintang, Senin (22/10/2018).

Ia menyampaikan sambutan amanah tertulis Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Menag menyebutkan, kegiatan Hari Santri Nasional tahun ini mengangkat tema Bersama Santri Damailah Negeri.

"Isu perdamaian diangkat untuk merespons kondisi bangsa yang menghadapi berbagai persoalan," pesan Lukman yang dibacakan Ali Mukhni.

Momen Hari Santri Nasional, lanjut Lukman, dilakukan untuk mempertegas peran santri sebagai pionir perdamaian yang berorientasi pada spirit moderasi beragama di Indonesia.

"Kalangan Pesantren bukan hanya kalangan yang mendalami agama semata tetapi juga senantiasa memperindah ilmu dan karakternya dengan karakter bijak, moderat, toleran, dan cinta Tanah Air," tulis dia.

Lukman menambahkan, Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Hari Santri Nasional telah ditandatangani dan dibacakan langsung oleh Presiden.

"Penetapan Hari Santri bukan sekedar bentuk afirmasi atau rekognisi bagi santri. Juga disertai upaya transformasi pesantren, menjadi lembaga yang paling kredibel sebagai sumber pengetahuan agama sekaligus paling kompetibel sebagai pembibitan anak bangsa yang makin meningkat kualitasnya," tegas Lukman.

Upacara Hari Santri Nasional Tingkat Padang Pariaman yang ke III tahun 2018 ini seluruh ASN Pemdakab Padang Pariaman, jajaran ASN Kantor Kemenag Padang Pariaman dan ratusan Santriwan-Santriwati serta undangan lainnya.

"Pada tahun sebelumnya Upacara Memperingati Hari Santri Nasional ini dilaksanakan di Komplex Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan, Kecamatan Enam Lingkuang" kata Kakankemenag Padang Pariaman Dr.H.Helmi,M.Ag didampingi Kasi Pekapontren Drs.H.Fitrison Effendi. (sa)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *