Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Pasbar Kampanyekan Hidup Sehat, Ini Pesan Wabup


Pasbar, fajarsumbar.com - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Dinas Kesehatan Pasaman Barat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat serta Aliansi Pita Putih Indonesia mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kecamatan Sungai Aur, Jumat (18/10).

Germas dikampanyekan sebagai upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat melalui penerapan pola hidup sehat.

Wakil Bupati Pasaman Barat, H. Yulianto saat membuka secara resmi kampanye Germas memandang hal tersebut perlu disukseskan ditengah masyarakat Pasaman Barat. Sebab, perubahan pola hidup masyarakat telah jauh berobah hingga saat ini, sehingga banyak masyarakat yang rentan terkena penyakit tidak menular yang lebih berbahaya.

"Pola hidup sudah jauh berubah seiring kemajuan zaman. Masyarakat juga jadi kurang melakukan aktifitas fisik. Padahal untuk meraih pola hidup sehat, kita harus penuhi indikator yang telah ditetapkan dalam Germas," katanya.

Menurut Yulianto, jika derajat kesehatan masyarakat menurun akibat berbagai penyakit tidak menular, maka secara langsung hal tersebut akan berdampak pada menurunnya produktifitas masyarakat. Produktifitas yang menurun akan berdampak pada kesejahteraan sosial karena kondisi ekonomi yang memburuk.

"Mari sama-sama kita terus sukseskan Germas. Penuhi indikatornya yakni melakukan aktifitas fisik selama 30 menit setiap hari, konsumsi buah dan sayur, cek kesehatan secara rutin, tidak merokok dan menggunakan jamban yang bersih," pungkasnya.

Sementara, perwakilan Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Barat, Ade Prima menyampaikan Germas diimplementasikan untuk mengikuti peraturan Presiden RI Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

"Saat ini telah terjadi pergeseran pola penyakit dari tahun  1990 sampai sekarang. Dahulu kita takut dengan penyakit menular, sekarang tidak lagi, justru yang mengancam kesehatan masyarakat saat ini adalah penyakit tidak menular seperti hipertensi, kolesterol, stroke dan sebagainya," kata Ade.

Ade berharap Germas yang dikampanyekan bukan hanya sebatas seremonial belaka, namun akan benar-benar terimplementasikan dalam kehidupan masyarakat.

Turut hadir dalam kampanye Germas di Kecamatan Sungai Aur, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Pasaman Barat, Irwan, Asisten Administrasi, Raf'an, Ketua TP. PKK Pasaman Barat, Yunisra Syahiran, Ketua GOW Pasaman Barat, Sifrowati, Camat Sungai Aur, Yandra Hanafi, Wali nagari, kepala jorong, tokoh masyarakat dan sejumlah pelajar.(Andrizal)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *