Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Prof Herri Lantik 13 Pejabat LLDIKTI

Kepala LLDIKTI Wilayah X, Prof Herri menandatangani naskah pelantikan pejabat eselon III dan IV, setelah dilantik dan diambil sumpahnya, di Aula Gedung Utama LLDIKTI, Senin (15/10). (guspa caniago)

Padang, fajarsumbar.com - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI)  Wilayah X, Prof. Dr. Herri, melantik dan mengambil sumpah empat pejabat administrator dan sembilan pejabat pengawas, di Aula Gedung Utama LLDIKTI.

Pelantikan yang berlangsung Senin (15/10) siang itu dihadiri perwakilan perguruan tinggi (PT) baik negeri maupun swasta di lingkungan LLDIKTI, Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri.
Dalam arahannya, Kepala LLDIKTI, Prof. Herri menuturkan pelantikan pejabat eselon tiga dan empat ini sebagai implementasi dari perubahan nama Kopertis menjadi LLDIKTI. Dengan demikian, status lembaga layanan PT ini pun yang semula tipe B menjadi A.

Selain itu ada juga yang memasuki masa pensiun, sehingga memerlukan pejabat baru. Semula pejabat eselon III hanya dua orang, namun setelah menjadi LLDIKTI otomatis pejabatnya pun bertambah.

Begitu juga menambahan tugas juga meningkat, yang semula hanya mengurus Perguruan Tinggi Swasta, kini juga bertambah Perguruan Tinggi Negeri.
Dikatakan, pendirian LLDIKTI dimaksudkan tidak untuk membedakan layanan terhadap Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta. Salah satu tujuannya untuk meningkatkan layanan publik. "Tidak ada dikotomi Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta,"ujar.Herri yang didampingi Sekretaris, Yandri.

LLDIKTI X mempunyai tugas dan fungsi di bidang fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di wilayah kerjanya (Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau) yang dipimpin oleh seorang Kepala dan bertanggung jawab kepada Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

LLDIKTI mempunyai tugas membantu peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di wilayah kerjanya. Lembaga ini terbentuk seiring dengan keluarnya Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) No.15/2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi pada Bulan April 2018. LLDIKTI merupakan transformasi dari Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) yang dahulu mengkoordinasikan perguruan tinggi swasta di wilayahnya kerja masing-masing.

LLDIKTI akan menjadi ujung tombak, dimana pelayanan pendidikan tinggi menjadi tugas LLDIKTI seperti izin pendirian program studi dapat diajukan melalui LLDIKTI agar lebih mudah dan sederhana. (guspa)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *