Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

PWI Sumbar Kembali Adakan UKW

Heranof Firdaus

Padang,fajarsumbar.com - Jika tidak ada halangan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat (Sumbar) kembali mengadakan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW). Ujian tersebut bakal dilaksanakan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Bank Rakyat Indonesia (BRI), Pauh, Padang 27-28 Oktober.

Menurut rencana UKW itu bakal dibuka Komisaris Utama (Komut) BRI, Andrinof Chaniago yang juga urang awak tersebut. Sebelum UKW diadakan Karya Latihan Wartawan (KLW) pada 26 Oktober.

"Insya Allah jika tidak ada halangan, PWI Sumbar kembali mengadakan UKW. Tujuannya untuk menciptakan wartawan yang lebih profesional melaksanakan tugas," jelas Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus seusai rapat perdana persiapan UKW di PWI Sumbar, Selasa (9/10).

Heranof didampingi Sekretaris PWI, Widya Navies dan Ketua Pelaksana UKW, Sawir Pribadi menjelaskan, pendaftarannya sudah dimulai dibuka sejak berita ini ditayangkan. "Pesertanya terbatas, jadi bagi kawan-kawan yang ikut diharapkan segera mendaftar ke sektariat PWI Sumbar, Jalan Bagindo Aziz, Padang," tambahnya.

Seperti biasa, persyaratan di antaranya, harus ada surat rekomendasi dari pimpinan redaksi (Pimred) media bersangkutan, baik cetak, online dan maupun elektronik.

Syarat lainnya, media yang bersangkutan telah terverifikasi administrasi dari Dewan Pers. Hal itu dimaksudkan, agar nantinya wartawan yang telah lulus, tidak lagi bermasalah dalam menerbitkan kartu UKW-nya dari pusat.

“Jadi bagi kawan-kawan yang ingin mendaftar, harus ada surat rekomendasi dari Pimpred masing-masing media, dan media bersangkutan sudah
terferivikasi administrasi dari Dewan Pers,” ujar.

Ketua Pelaksana, Sawir Pribadi menambahkan, sebelum dilaksanakan UKW, para peserta dibekali KLW pada 26 Oktober. Hal itu dimaksudkan agar para peserta kategori Wartawan Muda, Madya dan Wartawan Utama lebih fokus menghadapi UKW.

Saat KLW peserta selain dibekali Kode Etik Jurnalistik, UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan organisasi PWI, juga diberi pembekalan menghadapi UKW. Menurut rencana pada KLW itu, pembicaranya pengurus PWI Sumbar,  Eko Yanche Edrie.

Eko Yanche akan menjelaskan bagaimana trik menghadapi UKW, apa saja yang harus dipersiapkan bagi kategori muda, madya dan utama. "Jadi peserta itu akan lebih fokus, apa yang mereka persiapan saat UKW tersebut. Diharapkan para peserta nantinya berkompeten," tambah Wapimpred Singgalang tersebut.

Menurutnya, wartawan sebagai penyambung aspirasi rakyat sangat berat, untuk itu perlu peningkatan kemampuan teknis jurnalistik. “Melalui uji kompetensi wartawan akan terjadi proses seleksi terhadap insan pers, mana wartawan yang sungguh-sungguh dan wartawan yang asal-asalan,” katanya.

PWI Sumbar melaksanakan UKW merupakan keharusan bagi seluruh anggota supaya lebih profesional menjalankan tugas. Dari 700 yang tercatat sebagai anggota PWI di Sumbar, sekitar 60 persen yang sudah lulus UKW dengan tiga tingkatan, Wartawan Muda, Madya dan Wartawan Utama.

Program sertifikasi wartawan merupakan salah satu upaya yang dilakukan PWI untuk meningkatkan profesionalisme wartawan di tengah masyarakat. “Kami harapkan kepada kawan-kawan, khususnya anggota PWI belum UKW terutama di daerah supaya tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, supaya lebih profesional menjalankan tugas seharian,” ujarnya.

Bagi yang berminat, PWI sudah membuka pendaftaran di sekretariat PWI Sumbar Jalan Bagindo Aziz Chan No. 8 A Padang. Atau kontak person ke Kepala Sekretariat Nely HP :081363837575).(andri)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *