Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Setelah Penutupan MTQ ke-38, Kafilah Padang Dipersiapkan untuk Tingkat Provinsi


Padang, fajarsumbar.com - Setelah ditutupnya MTQ ke-38 tingkat Kota Padang di Kecamatan Padang Timur, kini kafilah Kota Bengkuang bersiap untuk menghadapi MTQ nasional ke-38 tingkat provinsi.

Kafilah-kafilah terbaik Kota Padang tersebut akan diseleksi lagi untuk menghadapi MTQ tingkat provinsi yang diadakan sekali dua tahun tersebut. "Padang yang jadi langganan juara umum MTQ tingkat provinsi siap mempertahankan predikat tersebut," ujar Walikota Padang yang diwakili Staf Ahli, Dian Fakhri, kemarin.

Dian Fakhri meungkapkan hal itu seusai penutupan MTQ ke-38 tingkat Kota Padang di Kecamatan Padang Timur, Minggu (28/10) malam. Pada MTQ tersebut tampil sebagai juara umum Kecamatan Koto Tangah dan peringkat II, Kecamatan Kuranji dan posisi III diraih Kecamatan Padang Barat.

Menurut, Dian Fakhri pada MTQ tersebut melahirkan kafilah-kafilah yang handal. Mereka kemudian diseleksi lagi untuk dijadikan duta Kota Padang pada MTQ nasional ke-38 tingkat provinsi. "Jadi kafilah-kafilah terbaik di seluruh cabang ini akan diseleksi lagi untuk dijadikan duta Padang di tingkat Sumbar," tambahnya.

Pada penutupan MTQ tersebut Dian mengatakan, penyelenggaraan MTQ di Padang Timur berjalan lancar. Sebab sukses menghadirkan sesuatu yang berbeda sejak acara pembukaan. Tetapi tidak mengurangi semangat syiar Islam yang menjadi tujuan kegiatan ini.

"Kita apresiasi penyelanggaraan MTQ Kota Padang di Kecamatan Padang Timur yang sukses dan berjalan lancar serta menghadirkan hal-hal yang berbeda," katanya.

Ia berharap dari ajang MTQ tingkat Kota Padang melahirkan qori-qoriah terbaik nantinya akan menjadi utusan Kota Padang pada MTQ tingkat Sumatera Barat dan nasional.

Sumbar jadi Tuan rumah
Pada MTQ ke-38 tingkat nasional pada 2020, Kementerian Agama telah mengumumkan Sumbar akan menjadi tuan rumah saat penutupan MTQ ke-38 tingkat nasional di Sumatera Utara (Sumut), beberapa waktu lalu.

Penunjukan itu disertai dengan seremoni penyerahan bendera MTQ dari Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin kepada Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno pada seremoni penutupan MTQ Nasional di astaka utama Jalan Wiliem Iskandar, Medan.

Ditunjuknya Sumbar jadi tuan rumah MTQ nasional ke-38 tingkat nasional tersebut, kafilah Kota Padang berupaya menjadi bagian dari peserta ajang keagamaan tersebut. "Insya Allah kafilah Padang tidak saja berbicara di tingkat kota, provinsi, bahkan ke tingkat nasional," ujar Dian Fakhri lagi.

Ia menambahkan, Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah terus mendorong para qori dan qoriah untuk meraih prestasi di tingkat nasional. Qoriah pada cabang tilawah bila meraih juara nasional, walikota berjanji akan memberikan bonus berupa umrah dan serta bonus lainnya. (*)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *