Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Triwulan III, PT Jasa Raharja Perwakilan Solok Bayarkan Santunan Rp6 Miliar Lebih

Salah satu penyerahan santunan kepada ahli waris korban kecelakaan di wilayah kerja PT Jasa Raharja Perwakilan Solok. (humas jr solok)

Padang, fajarsumbar.comSampai triwulan III (Januari-September) 2018 PT Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Solok membayarkan santunan Rp6 miliar lebih. Jumlah itu meningkat dibanding tahun 2017 periode yang sama. Hal itu disebabkan naiknya santunan dan adanya tambahan biaya P3K dan ambulance.

Kepala Perwakilan PT Jasa Raharja Solok, Teguh Afrianto, Selasa (2/10) menyebutkan, dari Januari - September asuransi plat merah tersebut telah membayarkan santunan Rp6.033.908.477. Pada periode yang sama pada 2017 terjadi peningkatan 5,95 persen dana yang disalurkan Rp5.695.257.231.

"Peningkatan ini dikarenakan adanya kenaikan besaran jumlah santunan kecelakaan lalu lintas baik untuk korban luka-luka, cacat tetap maupun meninggal dunia. Selain adanya ditambahan biaya P3K dan biaya ambulance," ujar Teguh.

Sebagaimana diketahui, naiknya santunan itu berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 16/2017. Peraturan itu telah diberlakukan terhitung 1 Juni 2017. 

Jumlah santunan korban meninggal dunia, cacat total dan lainnya naik 100 persen. Sebelumnya santunan korban meninggal Rp25 juta naik menjadi Rp50 juta. Biaya perawatan dan pengobatan dari maksimal Rp10 juta naik menjadi maksimal Rp20 juta. "Naiknya santunan ini tidak diiringi kenaikan iuran yang dibayarkan masyarakat," tambahnya. 

Menurutnya, PT Jasa Raharja terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Jasa Raharja selalu berinovasi guna peningkatan dan percepatan pembayaran santunan kepada warga yang mengalami musibah kecelakaan lalu lintas.

Jasa Raharja Perwakilan Solok, telah melakukan kerjasama dengan beberapa rumah sakit. Tujuannya untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat sekaligus meringankan beban koban/keluarga yang mengalami musibah kecelakaan. 

Dijelaskan, Jasa Raharja Perwakilan Solok, salah satu Kantor PT Jasa Raharja yang berada di Provinsi Sumatera Barat yang beralamat di Jalan KH Ahmad Dahlan No. 114 C Kota Solok. Wilayahnya meliputi 4 kabupaten dan 2 Kota Madia. Yakni Kota Solok, Kabupaten Solok, Kabupaten Solok Selatan, Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Dharmasraya. 

"Setiap kabupaten dan kota madia itu terdapat petugas Jasa Raharja yang selalu siap melayani masyarakat yang mengalami musibah kecelakaan lalu lintas," tambahnya.

Jasa Raharja Perwakilan Solok pun telah melakukan kerjasama dengan 7 Rumah Sakit yang terdapat di wilayah kerjanya. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Solok, RSUD Arosuka, RSUD Sawahlunto, RSUD Sijunjung, RSUD Sungai Dareh, RSUD Muaro Labuh dan RST Kota Solok,

Dalam kesempatan itu, demi menimalisir angka kecelakaan, Teguh mengimbau, agar masyarakat dalam berkendara selalu mematuhi peraturan lalu lintas. "Umumnya kecelakaan itu berawal dari suatu pelanggaran," tutupnya. (gp)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *