Fajar Terkini

SUMBAR

Kota Padang

Wabup Pasbar Berharap Bantuan Pusat Perbaiki Infrastruktur Tangani Bencana Banjir Bandang


Pasbar, fajarsumbar.com - Wakil Bupati Pasaman Barat, Yulianto berharap pemerintah pusat dapat membantu memperbaiki sejumlah Infrastruktur yang rusak akibat banjir besar yang melanda, Kamis (11/10) lalu.

"Kerugian akibat banjir cukup besar. Selain merusak ribuan rumah, juga mengakibatkan tiga jembatan gantung putus total," ucap Yulianto, saat meninjau jembatan putus di Tanjung Pangkal Kecamatan Pasaman, Selasa (16/10).

Selain itu, diperkirakan sebanyak 3.162 unit rumah rusak. Jika dikalikan Rp.10 juta per unit, maka kerugian per unit rumah yang rusak mencapai angka Rp.30 milyar lebih. Belum lagi dijumlahkan dengan kerugian tiga unit jembatan yang putus yang diperkirakan mencapai Rp.15 milyar.

"Dengan jumlah yang cukup besar itu, tentu nya APBD Pasaman Barat tidak akan dapat menanggung jumlah biaya yang sangat besar itu semua. Maka ia berharap, adanya bantuan dari pemerintah pusat," harap dia.

Untuk saat ini pihak sedang berupaya menyalurkan bantuan berupa makanan, tenda dan kebutuhan lainnya ke titik lokasi banjir. Itu pun belum bisa menjangkau ke seluruh daerah, karena terkendala akses jalan yang banyak putus.

Diungkapkan Yulianto, ada 4 lokasi yang hingga saat ini masih terisolir, yakni Maligi, Sikilang, Sikabau dan Lubuk Gobing dengan total 1.000 jiwa lebih. "Bantuan akan di upaya kan segera mungkin dikirim keempat daerah tersebut, jika jalur darat tidak bisa maka akan di lakukan melalui jalur laut," ungkapnya.

Yulianto menegaskan, agar seluruh operasi perangkat desa peduli dan turun langsung membantu warga korban banjir," tegasnya.

Ia juga menghimbau kepada kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap waspada, terutama bagi warga yang berdomisili di tepi sungai dan perbukitan. (Irf)

Previous
« Prev Post

Berita Lain:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *